7 Cara Atasi Tekanan Darah Rendah yang Mudah dan Efektif

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 28 Feb 2021 05:00 WIB
tekanan darah rendah Foto: iStock
Jakarta -

Selain darah tinggi, penyakit tekanan darah rendah juga banyak dialami orang. Ada 7 cara atasi tekanan darah rendah yang mudah dan efektif seperti ini.

Tekanan darah normalnya sekitar 120/80 mmHg, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Selain darah tinggi, tekanan darah rendah juga menjadi masalah kesehatan yang sering ditemukan para dokter akhir-akhir ini. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk atasi tekanan darah rendah.

Penyakit tekanan darah yang paling banyak terjadi memang tekanan darah tinggi, tetapi tekanan darah rendah juga menjadi masalah yang beberapa kali dikeluhkan oleh pasien.

Menurut para ahli, normalnya seseorang memiliki tekanan darah sekitar 120/80 mmHG. Idealnya tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Tekanan darah yang normal menandakan bahwa arteri dan aliran darah berfungsi dengan normal.

Selain darah tinggi, tekanan darah rendah berkisar 90/60 mmHg ke bawah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tekanan darah rendah membuat darah yang dipompa oleh jantung tidak sampai tepat pada waktunya ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan.

Tekanan darah rendah bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini, seperti dilansir melalui Food NDTV (25/2):

1. Makan dalam Porsi Kecil dan Lebih Sering

tekanan darah rendahtekanan darah rendah Foto: iStock

Saat tubuh tidak menerima asupan makanan dalam kurun waktu yang panjang, tekanan darah akan mengalami fluktuasi. Untuk menghindari hal ini, siasat mengatur pola makan sangat dibutuhkan.

Bukan dengan makan banyak dalam satu waktu, melainkan membagi porsi makan dalam beberapa waktu. Porsi yang sedikit dengan frekuensi yang lebih sering akan membuat aliran darah lebih normal.

2. Minum Cukup Air

Air merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Air juga menjadi faktor utama untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Tidak harus air mineral yang membosankan, kamu bisa juga minum segelas infused water, jus buah, air kelapa dan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak air.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Darah Rendah dan Cara Menaikkan Tekanan Darah

3. Cukupi Kebutuhan Natrium

tekanan darah rendahtekanan darah rendah Foto: iStock

Ketika tekanan darah tinggi, hal yang harus segera dilakukan adalah mengurangi konsumsi garam. Hal ini berlaku sebaliknya untuk meningkatkan tekanan darah saat tekanan darah sedang rendah.

Garam dapat membantu memberikan tekanan pada pembuluh darah untuk menaikkan tekanan darah. Menambahkan sedikit lebih banyak garam pada makanan akan sangat membantu menormalkan tekanan darah yang terlalu rendah.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com