Tekanan Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 05:30 WIB
tekanan darah rendah Foto: iStock
Jakarta -

Tekanan darah rendah adalah penyakit yang dialami banyak orang. Untuk mengatasinya, rutinlah konsumsi makanan darah rendah berikut.

Tekanan darah rendah merupakan penyakit yang dipicu kondisi tekanan darah berada di bawah batas normal yaitu 90/60 mmHg. Batas normal tekanan darah biasanya berkisar di angka 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah atau biasa disebut hipotensi ini banyak dialami orang.

Bagi mereka yang alami tekanan darah rendah biasanya mengalami pusing, lemas, penglihatan kabur, mual, hilangnya konsentrasi, hingga pingsan. Sebenarnya obat dari tekanan darah rendah tidak begitu sulit karena terbilang enak dan mudah dicari.

Dilansir dari NDTV (21/2), berikut pola makan dan makanan tekanan darah rendah yang bagus dikonsumsi.

Baca Juga: Tekanan Darah Sedang Rendah? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini!

1. Konsumsi Cairan yang Cukup

Tekanan Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Tekanan darah rendah bisa disebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Salah satu solusinya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Dehidrasi yang menyerang tubuh ini dapat menurunkan volume darah.

Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi cairan yang cukup. Misalnya dengan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau 2 liter. Tak hanya air putih yang dapat dikonsumsi, minuman lain seperti air kelapa muda, jus buah segar, dan lainnya juga bisa.

2. Garam

Tekanan Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Jika penderita hipertensi harus mengurangi konsumsi garam, penderita hipotensi (tekanan darah rendah) dianjurkan konsumsi garam. Karena kandungan garam yang cukup tinggi pada makanan dapat menaikkan tekanan darah.

Sehingga tekanan darah untuk penderita hipotensi tersebut dapat kembali stabil. Bahan makanan yang memiliki kandungan garam tinggi pun bisa Anda konsumsi seperti buah zaitun, keju cottage, atau makanan kalengan.

3. Makanan yang Kaya Vitamin B12

Tekanan Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Makanan yang kaya akan vitamin B12 sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita tekanan darah rendah (hipotensi). Disebutkan NDTV, jika kekurangan asupan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia dan yang paling umum adalah tekanan darah rendah.

Untuk itu konsumsi secara rutin makanan yang kaya vitamin B12. Pilihannya antara lain daging sapi, hati sapi, daging ayam, ikan salmon, tuna, yogurt, susu rendah lemak, dan telur. Makanan tersebut mudah ditemukan, diolah, dan rasanya pun lezat.

4. Minuman yang Tinggi Kafein

Tekanan Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Tak hanya harus rutin mengonsumsi cairan seperti air putih, minuman yang mengandung kafein pun juga dianjurkan untuk dikonsumsi. Kafein yang terkandung pada minuman tersebut dapat memberi kenaikan drastis pada tekanan darah rendah.

Minuman yang mengandung kafein diantaranya ada kopi dan teh. Namun mengonsumsi minuman tersebut juga harus dibatasi karena jika terlalu banyak kafein pada tubuh dapat berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Minum Kopi Bikin Kamu Gelisah? Coba Ganti dengan Minuman Ini

5. Rutin Makan dengan Porsi yang Kecil

Tekanan Darah Rendah Bisa Diatasi dengan Konsumsi 5 Makanan IniFoto: iStock

Saat terserang darah rendah, Anda dianjurkan makanan dengan jangka waktu yang sering. Namun porsinya juga perlu diatur tidak boleh terlalu banyak. Makanan dengan selang waktu yang sering ini akan meningkatkan kalori pada tubuh sehingga akan menstabilkan tekanan darah.

Porsi makan yang kecil dan sehat bisa dipilih karena mudah dicerna oleh tubuh dan membantu mendorong asupan kalori yang masuk ke tubuh. Selain itu porsi yang kecil juga tidak akan membuat kenaikan berat badan yang signifikan walaupun dimakan dalam waktu yang cukup sering.



Simak Video "Bikin Laper: Sumsum Kambing dan Gulai Urat Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)