Minum Kopi Bikin Kamu Gelisah? Coba Ganti dengan Minuman Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 07:30 WIB
Foto: detikFood/iStock/Instagram Foto: detikFood/iStock/Instagram
Jakarta - Banyak orang di dunia mengawali hari dengan minum secangkir kopi. Tetapi ada yang menyebut minum kopi bikin gelisah. Apa benar?

Sebenarnya efek negatif kopi sering dibahas seiring dengan pembahasan efek sehat kopi. Ini karena kopi sebagai minuman ketiga terpopuler di dunia makin banyak digemari orang. Yang paling sering adalah keluhan minum kopi bikin gelisah atau cemas.

Hal tersebut sering dialami oleh mereka yang mulai menghindari atau tidak minum kopi di pagi hari. Jadi penghentian total asupan kafein bisa membuat tubuh lemas dan terasa tak ada tenaga dan gelisah. Jadi kafein bisa membuat orang berenergi juga bisa membuat lemas dan gelisah.

Menurut Dr. Stephen Ferrando, MD, direktur Psikiatri di Westchester Medical Center, kecemasan karena 'berpisah' dengan kafein sepenuhnya tergantung pada porsinya. Makin sedikit minum, makin kecil rasa cemasnya.

Karenanya sangatlah penting mengukur batas toleransi kafein dalam tubuh.Setiap orang punya kepekaan berbeda. Dengan cara ini Anda bisa menikmati kopi dengan nyaman. Terbebas dari efek seperti jantung berdebar-debar, panik, gelisah, tak bisa tidur dan lainnya.


Minum Kopi Bikin Kamu Gelisah? Coba Ganti dengan Minuman IniFoto: iStock


Shandra Brown Levey, Ph.D., psikolog di UCHealth and the University of Colorado School of Medicine menyarankan untuk melacak pola konsumsi kopi Anda, berapa banyak minum kopi dan kapan mengonsumsinya, Anda bisa memahami efeknya pada tubuh. Seperti perubahan mood, perubahan pola tidur dan lainnya. Hal ini membantu Anda menentukan berapa banyak kopi perlu dikurangi.

Sebagai tahap awal mengurangi asupan kafein, cobalah mematuhi anjuran konsumsi kafein dari FDA. Per hari 400 mg kafein atau sekitar 4-5 cangkir kopi. Anda juga bisa beralih minum teh dengan kadar kafein lebih rendah, 50% lebih kecil dari kopi.

Dilansir dari popsugar (28/10), beberapa racikan teh ini bisa Anda nikmati sebagai pengganti kopi dengan asupan kafein lebih kecil.

Minum Kopi Bikin Kamu Gelisah? Coba Ganti dengan Minuman IniFoto: Istock


1. Matcha

Teh hijau Jepang ini kini jadi superfood favorit di dunia. Teh ini dibuat dari daun teh yang ditumbuk halus. kandungan kafeinnya lebih tinggi dari teh kantong. Teh ini biasa disajikan dengan cara diseduh dengan air panas dan dikocok dengan sikat khusus.

Tetapi Anda juga bisa mencapur matcha dalam susu, creamy latte dan sebagai taburan oatmeal. Satu sajian Matcha Green Tea Latte sekitar 450 ml dengan 3 skop matcha mengandung 80 mg kafein. Meskipun tidak sepahit kopi tapi rasa dan aroma matcha enak dinikmati di pagi hari.

2. Teh Hitam

Teh hitam dibuat dari daun teh camelia sinensis yang mengalami fermentasi penuh. Teh hitam mengandung kafein dan theophyliine yang bisa memberikan energi dan terjaga.

Satu sajian (180 ml) Earl Grey Black Tea dan Royal English Breakfast Tea mengandung 40 mg kafein. Rasa pekatnya enak dinikmati hangat tetapi menyegarkan dihirup dingin.

Minum Kopi Bikin Kamu Gelisah? Coba Ganti dengan Minuman IniFoto: iStock


3. Chai Tea

Chai tea dibuat dari teh hitam yang dicampur dengan beberapa rempah. Dipadukan dengan susu dan sangat cocok buat pengganti minuman kopi latte yang berbasis espresso.

Satu sajian (180 ml) Chai tea Latte mengandung 95 mg kafein. rasa pekat dan aroma rempah yang harum bisa bikin mata melek dan menyegarkan tubuh di pagi hari.

4. Teh Hijau

Teh hijau bukan hanya memberi asupan energi tetapi juga menyehatkan. Menurut studi yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School memperlihatkan kandungan kimia dalam minuman ini. Mempu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi munculnya plak pada pembuluh arteri.

Satu sajian (180 ml) teh hijau mengandung 16 mg kafein. Karena rasanya yang lebih ringan dari teh hitam, teh hijau biasanya dikonsumsi lebih banyak. Sementara kandungan kafeinnya lebih rendah dari teh hitam.



Simak Video "Siap Bayar Rp 665 Juta untuk Minum Kopi dengan Ivanka Trump?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)