ADVERTISEMENT

Tekanan Darah Sedang Rendah? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini!

Esther Suhana Abdurahim - detikFood
Jumat, 08 Des 2017 10:20 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Tekanan darah rendah bisa sebabkan pusing, lemas hingga kulit terlihat kusam. Sebelum konsumsi obat, sebaiknya coba dulu beberapa cara alami ini.

Tekanan darah rendah atau tinggi, keduanya sama-sama berbahaya. Tekanan darah normal umumnya berkisar antara 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan sistolik dan angka 80 untuk diastolik. Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa menyebabkan aliran darah yang tak lancar untuk mencukupi jantung, otak dan organ penting lainnya.

Tekanan Darah Sedang Rendah? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini!Foto: iStock

Rendahnya tekanan darah bisa juga membuat Anda mudah letih, pusing kepala, penglihatan kabur hingga hilang kesadaran. Agar hal ini tak terjadi, diet sangat memegang peranan penting dalam menormalkan tekanan darah. Dr. Rupali Datta, pakar dietesien di Fortis Escort Hospital menyarankan beberapa makanan alami yang bisa cegah terjadinya tekanan darah rendah.

Baca juga: Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Kebiasaan Sehat Ini

1. Porsi makan kecil tapi sering

Sediakan makanan camilan sehat di antara waktu makan utama. Hal ini dilakukan agar perut tidak kosong dalam jangka yang panjang. Makan dengan porsi kecil beberapa kali dalam sehari untuk membantu cegah tekanan darah rendah ketika Anda telat makan.

Siapkan potongan buah segar atau kacang panggang sebagai camilan. Ini akan menambah sumber energi Anda sambil menunggu jam makan siang.

Tekanan Darah Sedang Rendah? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini!Foto: Istimewa

2. Konsumsi garam secara moderat

Garam berlebihan memang dapat berefek buruk bagi kesehatan. Akan tetapi garam juga diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup. Menurut World Health Organisation (WHO), kandungan garam harian normalnya maksimal adalah 1 sdt selain yang Anda dapatkan dari buah dan juga sayuran. Pastikan Anda juga rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat.

3. Konsumsi air putih

Minum air putih minimal 2-3 liter setiap hari. Selain air putih, Anda juga bisa konsumsi air kelapa untuk menjaga cairan tubuh Anda agar tak dehidrasi. Karena, seseorang dengan tekanan darah rendah biasanya alami dehidrasi. Selain itu, ada juga jus delima yang tinggi antioksidan yang disebut dengan polifenol yang dapat membantu normalkan tekanan darah rendah.

4. Kafein

Minuman berkafein seperti teh atau kopi dapat membantu tingkatkan tekanan darah Anda untuk sementara. Ketika tekanan darah Anda turun tiba-tiba, secangkir kopu atau teh bisa membantunya.

Tekanan Darah Sedang Rendah? Atasi dengan 5 Cara Alami Ini!Foto: thinkstock

5. Susu almond

Rendam 5 sampai 6 almond semalaman dan kupas kulit kacang almond di pagi hari. Anda dapat merebusnya dan dihaluskan kemudian disaring hingga menghasilkan konsistensi seperti susu. Selain itu, Anda juga bisa membeli susu almond yang sudah jadi dan menikmatinya setiap hari. Tak hanya protein, susu almond juga tinggi akan asam lemak omega 3.

Baca juga: Penderita Tekanan Darah Rendah Sebaiknya Rutin Konsumsi Kopi dan Bawang Putih (2) (lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT