7 Makanan untuk Darah Rendah dan Cara Menaikkan Tekanan Darah

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 17 Okt 2020 05:00 WIB
jus delima untuk kanker prostat Foto: GettyImages
Jakarta -

Gangguan kesehatan berupa darah rendah dapat membuat tubuh lemas dan juga wajah terlihat pucat. Dokter acap kali merekomendasikan makanan untuk darah rendah yang jenisnya cukup beragam agar tekanan darah bisa naik.

Tekanan darah rendah memiliki nilai kurang dari 90/60 mmHg. Angka pertama menunjukkan tekanan sistolik atau tekanan di arteri saat jantung berdetak dan terisi dengan darah. Sedangkan angka kedua mewakili tekanan diastolik yang merupakan tekanan di arteri saat jantung beristirahat di antara detak jantung.

Meskipun kita lebih sering mendengar ancaman bahaya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Namun tekanan darah rendah juga bisa berbahaya. Tekanan darah rendah atau hipotensi dapat menyebabkan aliran darah yang tidak memadai ke jantung, otak dan organ vital lainnya.

Penurunan tekanan darah secara tiba-tiba sering kali terjadi saat seseorang bangkit dari posisi berbaring atau duduk. Hal ini disebut dengan hipotensi postural dan dapat menyebabkan pusing.

Salah satu gejala darah rendah adalah kelelahan, sakit kepala ringan, pusing, mual, kulit berkeringat, hilang kesadaran hingga penglihatan kabur.

Ada beberapa pengobatan untuk tekanan darah rendah yang bisa diterapkan untuk mengurangi gejalanya. Salah satunya adalah obat darah rendah dan juga makanan yang bisa menaikkan darah rendah.

Berikut makanan darah rendah dan cara mengatasinya:

1. Susu almond

susu almondsusu almond Foto: Getty Images/iStockphoto/bhofack2

Mengonsumsi susu almond setiap hari dapat menjadi salah satu cara menaikkan tekanan darah. Selain itu, susu almond juga mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega 3 yang bisa dinikmati dengan sereal atau dicampur dengan smoothies.

2. Makanan rendah karbohidrat

salad sayuran topping kentang gorengsalad sayuran topping kentang goreng Foto: iStock

Seseorang yang memiliki darah rendah disarankan untuk dapat membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Dikutip dalam Manhattan Cardiology, makanan tinggi karbohidrat cenderung lebih cepat dicerna oleh tubuh. Itulah yang menyebabkan penurunan tekanan darah terjadi secara tiba-tiba.

3. Makan dalam porsi kecil

trik makan dengan porsi keciltrik makan dengan porsi kecil Foto: iStock

Makan dengan porsi kecil beberapa kali dalam sehari bisa membantu mencegah penurunan tekanan darah secara tiba-tiba yang mungkin dialami seseorang setelah makan.

Jadi jika Anda makan tiga kali sehari penuh, akan lebih baik jika dibagi menjadi lima kali makan kecil sehari.

4. Konsumsi garam yang cukup

White bath salt in a wooden bowl with a spoon on a wooden tableWhite bath salt in a wooden bowl with a spoon on a wooden table Foto: Getty Images/iStockphoto/Bborriss

Cara menaikkan tensi darah salah satunya adalah dengan mengonsumsi garam dengan cukup. Kelebihan garam memang buruk, namun Anda bisa mencukupi kebutuhan garam dalam jumlah sedang.

Menurut WHO, makanan harian Anda harus mengandung satu sendok teh garam tambahan selain yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.

Namun pastikan jumlahnya jangan berlebihan. Karena terlalu banyak konsumsi garam dapat menyebabkan masalah seperti retensi air dan tekanan darah tinggi.

5. Minum lebih banyak cairan

Benci Air PutihBenci Air Putih Foto: Istimewa

Obat darah rendah alami sebenarnya bisa dilakukan dengan minum setidaknya 2 hingga 3 liter air setiap hari. Selain itu, sertakan minuman seperti air kelapa atau jus jeruk. Ini akan memberikan Anda elektrolit yang diperlukan untuk menjaga cairan tubuh.

Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi adalah penyebab umum tekanan darah rendah. Selain itu konsumsi jus delima yang kaya akan antioksidan yang disebut dengan polifenol dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Salah satu cara terbaik untuk melawan dehidrasi air adalah konsumsi cukup air setiap hari.

6. Makanan tinggi vitamin B12

Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacanganPerusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacangan Foto: Good Catch

Cara menaikkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.

Dikutip dalam Health Line, terlalu sedikit mengonsumsi vitamin B12 dapat menyebabkan anemia jenis tertentu yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 adalah telur, sarden, tuna, daging sapi, susu dan juga hati ayam.

7. Makanan tinggi folat

Perlu makan sebutir telur tiap hari.Perlu makan sebutir telur tiap hari. Foto: iStock

Terlalu sedikit kandungan folat di dalam tubuh juga bisa menyebabkan anemia yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah dan kelelahan.

Adapun makanan yang mengandung tinggi folat yang bisa menaikkan darah rendah adalah asparagus, kacang-kacangan, buah jeruk, sayuran hijau hingga telur.



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Pedas Tulang Muda Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)