Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 10:30 WIB
Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat Foto: iStock

4. Cara Sehat Kurangi Karbohidrat

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan KarbohidratIni yang Akan Terjadi pada Tubuh Akibat Kekurangan Karbohidrat Foto: iStock

Kelly Leveque, seorang ahli gizi, ikut andil dengan memberikan rekomendasi terkait diet rendah karbohidrat. Menurutnya, daripada memangkas habis asupan karbohidrat, melihat kepadatan karbohidrat dan memilih sumber karbohidrat alami menjadi jauh lebih penting.

Sederhananya, cara ini melihat kepadatan karbohidrat dalam sebuah bahan makanan dikurangi dengan kandungan serat yang ada di dalamnya. Hal ini digunakan untuk benar-benar menghitung jumlah karbohidrat yang tepat.

Makanan yang mengandung karbohidrat utuh tidak memiliki kepadatan karbohidrat lebih dari 30%. Seperti sayuran dan buah. Karbohidrat yang harus dihindari sebenarnya yang terdapat pada makanan-makanan olahan.

5. Imbangi dengan Konsumsi Serat

Jika ingin melakukan diet rendah karbohidrat, konsumsi serat harus menjadi asupan yang sangat diperhatikan. Ada banyak bahan makanan tinggi serat namun rendah karbohidrat yang bisa dikonsumsi.

"Diet rendah serat dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan pencernaan dan kardiovaskuler," kata Maya Feller.

Mengurangi asupan karbohidrat harus diimbangi dengan asupan serat yang mencukupi. Rekomendasi asupan serat harian pada wanita berkisar pada 25 gram dan 38 gram pada pria.

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat Akan Menjadi Tren, Ini Kata Ahli Gizi

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com