5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung

Riska Fitria - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 07:00 WIB
5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock
Jakarta -

Bagi penderita asam lambung disarankan untuk tidak konsumsi makanan sembarangan. Supaya aman, ikuti diet bland, pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan lunak.

Banyak yang salah mengira bahwa penyakit asam lambung sama dengan penyakit maag. Yang dimaksud asam lambung adalah yang disebut GERD (gastroesophageal reflux disease).

Asam lambung merupakan penyakit pencernaan, asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makan. Oleh karena itu, mereka yang mengalami penyakit ini harus menjalani pola makan tertentu.

Pola makan tersebut adalah dengan menjalani diet bland. Sesuai dengan namanya, diet ini mengharuskan makan makanan bertekstur lunak dan lembut. Itu agar tidak memperburuk lapisan dalam saluran makan.

Ada banyak manfaat dalam menjalani diet bland, mulai dari memperbaiki keadaan saluran makan dan mengelola berat badan dengan baik. Namun, seberapa aman menjalankan diet bland?

Dilansir dari Medical News Today (20/12/19) berikut 5 fakta diet bland, diet untuk penderita asam lambung:

1. Apa Itu Bland Diet?

5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung5 Fakta Diet Bland, Diet untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock

Bland diet atau dikenal diet lunak adalah metode diet yang mengharuskan mengonsumsi makanan yang dihaluskan, sehingga teksturnya lembut. Metode diet ini memang dikhususkan untuk penderita asam lambung.

Selain cocok untuk penderita asam lambung, ahli gizi juga merekomendasikan untuk yang mengalami peradangan dan divertikulitis. Pola makan yang diterapkan adalah makan makanan yang rendah serat.

Bland diet mengatur tentang jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Selain jenis makanan, diet ini juga mengatur tentang porsi makan harian.

Dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering. Kemudian perhatikan juga cara makannya, yakni makan secara perlahan dan jangan berbaring setelah makan.

Baca Juga : Mengenal Diet GOLO yang Bisa Turunkan Berat Badan Tanpa Rasa Lapar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Bubur Bakar Hits di Solo Cita Rasa Masakan Hotel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com