Kalori Nasi Putih dan Mi Instan, Mana yang Lebih Tinggi?

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 22 Feb 2021 06:00 WIB
Hanya Boleh Makan Nasi dan Air Putih, Pengantin Pingsan dan Kelaparan Karena Puasa Mutih Foto: Getty Images/iStockphoto/vm2002
Jakarta -

Kalori nasi putih dan mi instan berbeda. Kedua makanan tersebut menjadi salah satu makanan sumber karbihohidrat yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan untuk membuat perut lebih kenyang, banyak juga orang yang mengonsumsi mi instan dengan tambahan nasi. Jika keduanya dibandingkan kira-kira mana yang mengandung kalori lebih besar ya?

Kalori nasi putih

Nasi putih jadi salah satu makanan pokok yang sangat enak disajikan dengan aneka lauk. Nasi putih juga sering diolah menjadi nasi goreng yang juga biasanya ditambahkan dengan berbagai lauk enak seperti telur, seafood, hingga suwiran ayam.

Dikutip dari Times of India, dalam satu butir beras nasi terdiri dari tiga bagian: kulit, biji, dan endosperm. Kulit yang menyelubungi beras kaya akan serat, mineral, dan antioksidan. Sementara biji lebih kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Nasi putih biasanya dikonsumsi lepas dari kulitnya untuk meningkatkan kualitas nasi. Akan tetapi justru banyak nutrisi yang terbuang sehingga kandungan seratnya pun berkurang.

Dalam 100 gram atau 1 centong nasi putih mengandung 180 kkal, 3 gram protein, 0,3 gram lemak, 39,8 gram karbohidrat dan 0,2 gram serat.

Sedangkan dalam 70 gram nasi putih mengandung 126 kkal, 2,1 gram protein, 0,21 gram lemak, 27,8 gram karbohidrat dan 0,14 gram serat.

RamenRamen Foto: iStock

Kalori mi instan

Mi instan jadi salah satu makanan pengganti nasi yang praktis. Cara membuatnya juga sangat mudah hanya 3 menit saja. Mi instan paling enak ditambahkan dengan telur, bakso dan juga potongan sawi.

Kuahnya yang gurih dengan paduan mi bertekstur kenyal sangat enak dinikmati kala cuaca hujan ataupun saat kamu malas memasak.

Sebungkus mi instan dengan berat 70 gram mengandung kalori sebesar 300 kkal, 7 gram protein, 46 gram karbohidrat 2 gram serat, 4 gram gula dan 910 mg natrium (garam).

Perbandingan kalori nasi putih dan mi instan


Jika dibandingkan, kalori nasi putih dengan mi instan tentu lebih besar mi instan. Mi instan juga mengandung natrium yang cukup tinggi. Anjuran konsumsi natrium atau gram adalah sebesar 2.000 mg natrium per orang per hari sesuai dengan Permenkes No. 30 tahun 2013.



Simak Video "Masak Masak: Resep Kombinasi Mi Goreng dan Sate Taichan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com