Begini Cara Menghitung Kalori Makanan untuk Diet

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 16:00 WIB
kalori Foto: detikHealth
Jakarta -

Menghitung kalori makanan untuk diet bisa dengan beberapa cara. Salah satunya dengan menghitung kalori dalam makanan.

Konsep menurunkan berat badan sebenarnya cukup sederhana yaitu defisit kalori. Defisit kalori ini dapat diartikan dengan kalori yang harus dibakar harus lebih banyak dari kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Memahami cara menghitung kalori makanan tentu sangat berguna. Pasalnya kebutuhan kalori antara laki-laki dan perempuan berbeda. Secara umum, laki-laki membutuhkan kalori sekitar 2.000-3.000 kalori setiap harinya.

Sedangkan untuk perempuan membutuhkan sekitar 1.600-2.400 kalori setiap hari. Kebutuhan kalori berbeda juga bisa disebabkan karena faktor usia, berat badan, hingga gaya hidup.

Cara menghitung kalori makanan

Dalam seporsi makanan, tentu kita perlu melihat terlebih dulu bahwa makanan tersebut dimasak dengan cara digoreng, tumis ataupun rebus.

Jika tidak menggunakan aplikasi, Anda juga bisa mengukur kalori makanan dengan berbagai cara. Ini alat dan tips yang bisa diikuti:

1. Timbang makanan

Untuk mengetahui jumlah makanan yang dikonsumsi secara akurat perlu ditimbang terlebih dulu. Akan tetapi cara ini tidak begitu praktis karena jika sedang berada di luar, Anda tidak mungkin membawa timbangan.

2. Gunakan perbandingan

Cara ini dapat digunakan ketika Anda sedang ingin mengonsumsi makanan di luar. Hanya saja kekurangannya kalori yang Anda konsumsi jadi tidak begitu akurat.

Agar lebih mudah kita dapat menggunakan perbandingan ini:

- Satu porsi nasi atau mie (100 gram) = sebesar satu genggaman penuh
- Satu porsi daging (85 gram) = sebesar satu kotak kartu remi
- Satu porsi buah segar (100 gram) = sebesar bola tenis
- Satu porsi buah sayuran potong (75 gram) = sebesar mouse komputer

3. Tiga kelompok makronutrisi

Dalam makanan, terdapat tiga kelompok jenis makronutrisi yaitu lemak, protein dan karbohidrat. Per 1 gram lemak mengandung 9 kalori, sedangkan 1 gram protein serta 1 gram karbohidrat masing-masing mengandung 4 kalori.

4. Aplikasi kalori

Cara menghitung kalori makanan untuk diet juga bisa menggunakan bantuan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang dapat diunduh di Google Playstore yang di dalamnya terdapat aplikasi Daftar Kalori Makanan yang memberi informasi mengenai jumlah kalori masing-masing dari jenis makanan yang umum dikonsumsi orang Indonesia.



Simak Video "Ternyata Ini Jumlah Kalori dalam Segelas Cheese Tea!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com