Kalori yang Dibutuhkan Wanita untuk Program Diet, Begini Cara Menghitungnya

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 16 Des 2020 11:30 WIB
Pan with crispy and juicy grilled chicken drumsticks Foto: ilustrasi/thinkstock/Kalori yang Dibutuhkan Wanita untuk Program Diet, Begini Cara Menghitungnya
Jakarta -

Diet harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan jenis kelamin. Sebab, kalori yang dibutuhkan wanita dan pria untuk diet berbeda. Lantas, berapa kalori yang dibutuhkan wanita untuk program diet?

Ada berbagai cara menghitung kalori makanan harian, misalnya dengan aplikasi. Pengguna bisa menghitung kalori bahan makanan setiap kali menyantap makanan.

Nah, kalori per hari untuk diet wanita berapa?

Dikutip dari buku 'Cantik, Sehat, dan Bugar dengan Program Detox' karya Jane Scrivner cara menghitung kalori defisit untuk diet wanita adalah per hari rata-rata harus 1.600 kalori.

Adapun, kalori tidak boleh lebih rendah daripada 1.000 kalori. Sebab, kalori yang kurang dari 1.000 tidak dapat memberikan energi yang cukup bagi tubuh agar beroperasi dengan benar.

Hanya saja, setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Hal itu dapat dihitung berdasarkan aktivitas sehari-hari apakah rendah atau berat. Maka dari itu, lakukan perhitungan kalori defisit secara tepat.

  • Cara Menghitung Kalori Defisit untuk Diet

Dalam buku 'Perisai Segala Penyakit' karya Li Partic,Tim Indscript Creative cara menghitung kalori untuk diet antara wanita dan pria berbeda. Adapun, untuk wanita

(BBI x 25 kalori) + 20% untuk aktivitas

Sedangkan, rumus kalori per hari untuk diet pria sebagai berikut

(BBI x 30 kalori) + 20% untuk aktivitas

keterangan: BBI: Berat Badan Ideal (Tinggi badan cm -100 cm) - 10% x (Tinggi badan cm - 100 cm)

Contoh, seorang wanita dengan tinggi badan 155 cm dan berat badan 65 kg. Maka, berat badan ideal (BBI) adalah 55 kg - 10% = 49,5 kg (dibulatkan menjadi 50 kg)

Kebutuhan kalori dasar = 50 x 25 kalori = 1.250 kalori
Jika ditambah kalori aktivitas sebesar 20% = 1.250 + 250 = 1.500 kalori. Jadi kalori yang dibutuhkan wanita untuk program diet sebesar 1.500 kalori per harinya.

Selamat mencoba!



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com