7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ini Daftarnya!

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 07:00 WIB
7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/iStockphoto/mediaphotos
Jakarta -

Kolesterol buruk yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan. Karenanya penting mengenali 7 makanan yang harus dihindari penderita kolesterol seperti berikut.

Kolesterol di dalam tubuh terbagi menjadi dua yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol buruk (LDL). Keduanya memiliki fungsi dan bahayanya masing-masing.

Kolesterol baik berfungsi menjaga efek kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol buruk. Pasalnya kadar kolesterol buruk yang terlalu tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan yang berujung pada masalah kesehatan jantung.

Hal ini terutama berisiko bagi orang dewasa yang akan memasuki usia lanjut. Berikut ini ada beberapa bahan makanan yang harus mulai dihindari untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menurut Health Digest (18/2), ini daftar 7 makanan yang harus dihindari penderita kolesterol:

1. Daging Olahan

7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ini Daftarnya!7 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol, Ini Daftarnya! Foto: Getty Images/iStockphoto/mediaphotos

Daging olahan merupakan bahan makanan yang dibuat dari daging dengan melalui banyak proses dan bahan tambahan. Seperti bacon, sosis, hot dog dan lainnya.

Menurut penelitian nutrisi pada 2019, konsumsi daging olahan memiliki kaitan kuat dengan risiko peningkatan kadar kolesterol yang tidak normal. Bahkan daging olahan juga dilaporkan dapat meningkatkan kanker usus.

2. Susu Sapi

Susu sapi murni terbukti mengandung lebih banyak kolesterol. Menurut Verywell Health, dibandingkan dengan produk olahan susu lainnya, kolesterol paling banyak ditemukan dalam susu sapi murni.

"Susu sapi murni mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan LDL, artinya ini akan meningkatkan risiko penyumbatan arteri," kata William W. Li.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Yuk Kurangi Konsumsinya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com