Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 05:00 WIB
Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria Foto: Getty Images/iStockphoto/SonerCdem

2. Menyeduh dengan French Press

Saringan jenis french press menjadi saringan yang paling mudah digunakan untuk menyeduh kopi rumahan. Cukup masukan bubuk kopi dan air, diamkan beberapa waktu kemudian tekan untuk menyaring dan kopi siap diminum.

Sayangnya, french press tidak sesehat yang selama ini dibayangkan. Menurut sebuah penelitian pada The European Journal of Preventive Cardiology, penggunan french press berkepanjangan dapat merusak tubuh.

"Kopi yang tidak difilter mengandung zat yang meningkatkan kolesterol darah," kata Dag Thelle.

3. Minum Kopi Sesaat Setelah Bangun Tidur

7 Kota dengan Harga Secangkir Kopi Termahal di Dunia, Ada Jakarta Lho!Peneliti Ungkap Efek Minum Lebih dari 1 Cangkir Kopi Tiap Hari pada Pria Foto: Getty Images/oonal

Kopi memang baik sebagai pembangkit energi di pagi hari. Tetapi meminum kopi pada waktu yang masih terlalu pagi untuk tubuhmu justru tidak memberikan efek yang baik.

Menurut penelitian pada The British Journal of Nutrition, kopi yang diminum sebelum sarapan dapat berdampak buruk pada kadar gula darah. Selain itu, kondisi ini juga akan memicu perkembangan penyakit jantung dan diabetes.

Meminum kopi di pagi hari untuk pembangkir energi tetap disarankan untuk dinikmati setelah sarapan. Akan lebih baik jika minum air putih setelah bangun tidur dibandingkan langsung menikmati secangkir kopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com