5 Bumbu Dapur Ini Bisa Hangatkan Badan di Musim Hujan

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 20 Feb 2021 06:30 WIB
Kerajaan Gowa Dalam Perdagangan Rempah Foto: dok. detikFood/Muhammad Taufiqqurrahman
Jakarta -

Hujan seharian membuat udara dingin. Sebagai penghangat badan kamu bisa meracik minuman dari bumbu dapur yang berkhasiat ini.

Udara dingin bisa membuat tak enak badan. Mungkin selimut saja tidak cukup menghangatkan badan sehingga perlu ada upaya menghangatkan badan dari dalam. Kamu bisa mengandalkan rempah-rempah untuk mengusir dingin sekaligus menjaga tubuh dari incaran penyakit.

Rempah-rempah yang dikenal sebagai bumbu dapur ini bisa diolah menjadi minuman atau makanan. Jika dikonsumsi akan membuat tubuh tetap hangat di saat musim hujan.

1. Jahe

Siapa yang tak kenal rempah satu ini? Rasa pedas dan efek hangat yang ditimbulkan membuat jahe digemari untuk campuran minuman. Kamu dapat menemui campuran jahe pada wedang ronde, wedang uwuh juga STMJ (susu, telur, madu, jahe). Bahkan kamupun bisa membuat minuman jahe sendiri dengan merebusnya.

Jahe alias Zingiber officinale merupakan tumbuhan keluarga Zingiberceae. Brigite Mars, ahli herbal dan profesor di Naropa University, mengatakan jahe merupakan antioksidan dan antiseptik alami. Selain itu jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah di tubuh.

"Berendam dengan air jahe bisa menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan demam juga flu dan bisa dibuat dengan merebus 240 g jahe dalam air sekitar 1,5 liter, rebus selama 2 menit lalu gunakan untuk campuran air berendam," jelas Mars dikutip dari Huffington Post.

rempah5 Bumbu Dapur Ini Bisa Hangatkan Badan di Musim Hujan. Foto: iStock

2. Lada hitam

Mars juga menyarankan untuk memanfaatkan lada hitam guna menghangatkan tubuh. Selain menghangatkan, lada hitam juga berguna sebagai antiseptik maupun antioksidan alami. Kamu bisa memanfaatkan lada hitam sebagai campuran masakan misal masakan daging juga tumis sayur.

3. Kayu manis

Aromanya yang harum membuat kayu manis digunakan sebagai campuran kue dan minuman. Mars berkata kayu manis pun mampu menghangatkan tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Jika secangkir kopi biasanya dinikmati dengan gula, kali ini ganti gula dengan kayu manis. Gunakan kayu manis bubuk atau kayu manis utuh dan campur dengan kopi panas. Selain hangat kamu bisa memangkas konsumsi gula harian.

Bumbu dapur apa saja yang bisa membuat tubuh hangat alami? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Rempah-rempah Ternyata Bisa Jadi Aksesori Keren"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com