Minuman Hangat Enak

Racikan Ragam Rempah dalam Secangkir Minuman Penghangat Badan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 18 Nov 2019 18:50 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak
Jakarta - Saat musim hujan tiba, konsumsi minuman hangat bisa diandalkan. Minuman ini diracik dari ragam rempah yang memiliki khasiat hangatkan badan.

Minuman hangat menjadi 'penolong' ketika musim hujan atau cuaca dingin tiba. Sebab bukan hanya kondisi minuman yang hangat ketika dipegang, minuman ini juga berkhasiat menghangatkan tubuh usai diminum.

Ada banyak minuman hangat khas Indonesia. Di tiap daerah, racikan minuman ini bisa berbeda. Beberapa diantaranya sudah identik sebagai minuman hangat tradisional Indonesia.

Racikan Ragam Rempah dalam Secangkir Minuman Penghangat BadanFoto: iStock

Salah satunya wedang yang berasal dari Jawa Tengah. Wedang memiliki banyak jenis, mulai dari yang sederhana seperti wedang jahe, sampai yang diberi isian seperti wedang ronde.

Tak hanya dari Jawa, pulau Sumatera juga memiliki racikan minuman hangat khas. Contohnya teh talua yang terkenal. Racikan teh dan telur ini tidak hanya membuat tubuh hangat, tapi juga lebih berenergi usai menyesapnya.


Untuk bahan pembuatan minuman hangat tradisional Indonesia, biasanya memakai banyak rempah seperti jahe, kayu manis, serai, hingga cengkih. Jahe bisa dibilang komposisi utama karena sifatnya yang memberi sensasi hangat pada tubuh.

Racikan Ragam Rempah dalam Secangkir Minuman Penghangat BadanFoto: Instagram @jogjabikinlaper

Bagi yang ingin racikan sederhana, kopi atau teh juga kerap jadi pilihan. Meracik kopi dan teh bisa sesederhana mencampurnya dengan air panas saja atau diberi bahan lain agar rasanya makin enak.

Dari Indonesia, ada kopi atau teh tubruk yang populer. Meracik dua minuman hangat ini butuh trik agar rasanya enak. Mulai dari memilih jenis kopi atau teh yang tepat hingga suhu ideal air panas untuk menyeduhnya.

Membicarakan minuman hangat juga tak bisa meninggalkan racikan modern ala kafe. Ada cappuccino, latte, hot chocolate, sampai hot green tea yang berkhasiat.

Racikan Ragam Rempah dalam Secangkir Minuman Penghangat BadanFoto: iStock

Pada ulasan kali ini, detikFood akan membahas serba-serbi minuman hangat enak. Mulai dari yang tradisional khas Indonesia sampai minuman hangat dari negara Asia lain yang juga populer.

Misalnya saja chai masala tea dari India yang kaya rempah. Dan racikan teh penghangat tubuh dari Korea, Oksusu-cha yang terbuat dari biji dan rambut jagung.

Tentunya termasuk rekomendasi tempat menikmati minuman hangat. Angkringan yang populer di berbagai daerah sampai butik teh premium untuk bersantai. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya ya!



Simak Video "Kreasi Wedang Roti yang Hangat dan Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Minuman Hangat Enak