20 Makanan yang Mengandung Protein untuk Menurunkan Berat Badan

Tim detikcom - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 06:00 WIB
Close-up of tempeh on cutting board with kitchen knife with other ingredients on table. Preparing a vegan dish in kitchen. Foto: Getty Images/alvarez
Jakarta -

Penyanyi Melly Goeslaw mengurangi karbohidrat dan memperbanuak mengonsumsi protein untuk diet yang dijalaninya. Mengonsumsi makanan tinggi protein memiliki banyak manfaat.

Seperti di antaranya membangun otot, menurunkan berat badan, dan merasa lebih kenyang setelah makan.

Makan makanan kaya protein dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat membantu mereka menghindari makan berlebihan.

Diet tinggi protein dapat membantu membangun otot tanpa lemak jika dikombinasikan dengan olahraga. Otot tanpa lemak membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, yang juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut makanan yang mengandung protein yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan dilansir medicalnewstoday:

1. Salmon

Salmon dianggap ikan berlemak, artinya penuh dengan asam lemak omega-3. Salmon juga merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu seseorang merasa lebih kenyang saat makan.

2. Telur

Telur adalah sumber protein, nutrisi, dan lemak sehat yang sangat baik. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa telur dapat membantu orang merasa lebih puas dan menghentikan mereka makan berlebihan.


3. Daging Sapi

Daging sapi menawarkan protein dalam jumlah tinggi per porsi. Ada berbagai jenis daging sapi yang dapat dipilih untuk menurunkan berat badan.

Orang yang mengikuti diet karbohidrat sedang harus makan daging sapi tanpa lemak. Sedangkan orang yang menjalani diet rendah karbohidrat mungkin makan daging sapi yang lebih berlemak.

4. Dada ayam

Dada ayam adalah sumber protein tanpa lemak. Mayoritas kalorinya berasal langsung dari protein saat disajikan tanpa kulit. Satu dada ayam tanpa kulit 136 gram menyediakan sekitar 26 gram protein.

5. Oat

Healthy breakfast Organic oat flakes in a wooden bowl Grey textile background Top view Copy spaceHealthy breakfast Organic oat flakes in a wooden bowl Grey textile background Top view Copy space Foto: iStock

Oat menawarkan sekitar 17 gram protein per 100 gram. Mereka juga merupakan sumber karbohidrat kompleks.

Oat mentah mudah disiapkan sebagai oatmeal dan orang dapat membumbuinya dengan berbagai makanan sehat, seperti buah-buahan dan kacang-kacangan.

Hindari oatmeal olahan karena sering mengandung gula tambahan.

6. Tuna

Tuna adalah sumber protein yang sangat baik dan memiliki jumlah kalori yang rendah. Tuna adalah ikan dengan sedikit lemak. Tambahkan tuna ke salad dan sandwich.

Hati-hati dengan dressing tambahan, seperti mayones, karena dapat menambah kalori tambahan yang tidak diinginkan.

7. Tempe

Tempe adalah sumber protein yang populer untuk vegetarian dan vegan. Tempe berasal dari kacang kedelai, seperti tahu.

Namun, tempe memiliki jumlah protein yang lebih tinggi daripada tahu, yakni sekitar 17 gram per setengah cangkir.


8. Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu buah kaya protein yang mudah didapat. Jambu biji juga menawarkan nutrisi tambahan, seperti vitamin C.

9. Kacang Polong

Kacang polong tinggi protein, serat, dan nutrisi lainnya. Kacang polong tidak mahal, mudah ditemukan, dan dapat digunakan dalam banyak resep.


10. Kalkun

Kalkun adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Kalkun tanpa tulang dapat menyediakan sekitar 13 g protein per 100 gram.

Apa lagi makanan yang mengandung protein untuk menurunkan berat badan? Klik di halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com