7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 05:00 WIB
7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami Foto: Getty Images/iStockphoto/carlosgaw

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Jenis kopiJenis kopi Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Kafein menjadi pemicu tekanan darah tinggi yang sangat cepat. Tetapi uniknya, hal ini tidak terjadi pada mereka yang memang rutin mengonsumsi kafein sebelum terjadi lonjakan tekanan darah pada tubuhnya.

Kafein yang ada pada teh atau kopi jika diminum secara rutin justru dapat menurunkan risiko penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi dibanding yang tidak meminumnya secara rutin. Tetapi jika tekanan darah tetap tinggi walaupun rutin meminum kopi sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

5. Makan Dark Chocolate

Mengonsumsi sedikit dark chocolate dan kakao terbukti memberikan efek yang baik untuk jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid yang dapat meredakan inflamasi dan menenangkan pembuluh darah.

Berbagai penelitian menemukan bahwa kakao tinggi flavonoid terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan pada jantung termasuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk konsumsi coklat dan kakao yang belum ditambahkan pemanis.

6. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Sebuah penelitian telah menemukan hubungan antara konsumsi gula tambahan dengan tekanan darah tinggi. Pada penelitian Framingham Women's Health, wanita yang minum 1 kaleng soda per hari ditemukan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding yang tidak meminum soda.

Tidak hanya gula, karbohidrat olahan seperti tepung dapat merubah karbohidrat secara cepat menjadi gula dalam darah dan menyebabkan banyak permasalahan. Penelitian telah membuktikan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami7 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami Foto: Getty Images/iStockphoto/carlosgaw

Orang yang mengonsumsi sedikit kalsium sering ditemukan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Walaupun suplemen kalsium belum cukup membuktikan kaitannya dengan menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi kalsium memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Untuk sebagian besar orang dewasa, kebutuhan kalsium harian direkomendasikan sebanyak 1.000 miligram per hari. Untuk wanita diatas umur 50 dan pria di atas umur 70 direkomendasikan sebanyak 1.200 miligram per hari.

Baca Juga: 7 Buah Segar Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Makanan Sehat dan Lokal Jadi Tren 2020"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com