7 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Lewat Pola Makan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 30 Des 2020 05:00 WIB
7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah Turun Foto: iStock
Jakarta -

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Berikut ini 7 cara menurunkan tekanan darah tinggi lewat pengaturan pola makan.

Tekanan darah merupakan hal vital yang dapat memengaruhi kesehatan jantung. Semakin tinggi tekanan darah maka jantung akan semakin bekerja lebih keras.

Kondisi tekanan darah yang terlalu tinggi sangat berbahaya dan dapat menyebabkan datangnya penyakit-penyakit bawaan yang menyerang jantung. Beberapa diantaranya adalah penyakit jantung koroner dan stroke.

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh makanan, stres, atau ada komplikasi dari penyakit lain yang diderita. Memerhatikan asupan makanan menjadi salah satu jalan untuk mencegah tekanan darah yang terlalu tinggi.

Dilansir dari Medical News Today (26/7), berikut ini 7 cara mudah menurunkan tekanan darah tinggi lewat pola makan:

1. Kurangi Konsumsi Sodium

Dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat terutama daerah dagu serta sekitar mulut.Dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat terutama daerah dagu serta sekitar mulut. Foto: Astari Dewi Larasati

Banyak penelitian telah menghubungkan asupan garam dengan tekanan darah tinggi dan serangan jantung, termasuk stroke. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa hubungan antara sodium dan tekanan darah tinggi kurang jelas.

Salah satu alasan untuk ini mungkin karena perbedaan genetik orang dalam memproses sodium. Sekitar setengah penderita tekanan darah tinggi dan seperempat orang dengan tingkat tekanan darah normal tampaknya memiliki sensitivitas terhadap garam.

Jika kamu sudah terbukti memiliki tekanan darah tinggi, lebih baik mengurangi asupan garam. Ganti garam dengan pemakaian herba dan rempah yang sifatnya lebih alami. Selain itu, coba juga kurangi konsumsi daging olahan yang biasanya tinggi sodium.

2. Kurangi Minuman Alkohol

Konsumsi minuman alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Faktanya, alkohol hanya memengaruhi 16% kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia. Sementara beberapa penelitian telah menyarankan bahwa jumlah konsumsi minuman alkohol yang rendah hingga sedang justru dapat melindungi kesehatan jantung.

Bagi yang mau mengonsumsi minuman alkohol, ada baiknya tetap membatasi jumlahnya. Usahakan tidak lebih dari satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria per hari agar mendapat manfaatnya.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Makanan Sehat dan Lokal Jadi Tren 2020"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com