5 Menu Sarapan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Riska Fitria - detikFood Kamis, 02 Jul 2020 08:00 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi Makanan penurun darah tinggi Foto: iStock
Jakarta -

Menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengatur pola makan yang sehat. Untuk menu sarapan, pilihlah makanan-makanan yang bernutrisi.

Sarapan merupakan waktu makan yang penting dalam sehari Karenanya menentukan menu sarapan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Pilihlah menu sarapan yang bernutrisi agar dapat menurunkan risiko penyakit dalam tubuh, seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Makanan sehat yang tinggi potassium sebaiknya dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Karena asupan ini bisa membantu mengontrol tekanan darah. Nutrisi tersebut berperan untuk menyeimbangkan garam dalam tubuh yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi.

Ada banyak pilihan makanan sehat penurun tekanan darah tinggi untuk sarapan. Dilansir dari NDTV (11/10) berikut 5 pilihan menu sarapan penurun darah tinggi.

1. Oat

Makanan penurun tekanan darah tinggiMakanan penurun tekanan darah tinggi Foto: iStock

Oat merupakan menu sarapan terbaik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Oat berupa oatmeal mengandung banyak nutrisi, seperti serat yang tinggi. Selain itu juga mengandung asupan natrium yang berperan untuk mengontrol tekanan darah tinggi seseorang.

Oat rendah sodium, karenanya gandum jadi pilihan yang baik untuk menu sarapan para penderita darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, akan lebih baik kamu memilih gandum utuh. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian di tahun 2010.

Dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menyebut bahwa gandum utuh menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi di kalangan lansia. Sementara itu, penelitian lain juga mengatakan bahwa makan gandum utuh setiap hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 73%.

Baca Juga : 7 Buah Segar Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tingg

Selanjutnya
Halaman
1 2 3