7 Buah Segar Terbaik Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 24 Okt 2019 08:30 WIB
Halaman 1 dari 7
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi tetap harus makan buah segar. Sebagai sumber vitamin, mineral dan serat penting yang bis mengontrol tekanan darah

Hipertensi kini mulai banyak dialami oleh golongan usia muda. Keadaan dimana tekanan darah lebih 180/90. Kondisi ini tak memberikan gejala serius tetapi dapat memicu gangguan kesehatan seperti penyakit jantung.

Penderita tekanan darah tinggi dianjurkan mengurangi asupan gara, lemak trans dan gula. Sebaliknya harus mengasup makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang bisa mengendalikan tekanan darah.

Potassium merupakan salah satu jenis mineral yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Menurut America Heart Association, orang dewasa perlu konsumsi 4.700 mg potassium setiap hari. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Karenanya mereka dengan tekanan darah 120/90 perlu mengonsumsi potassium agar tak berkembang menjadi hipertensi.

Lalu apa peran potassium dalam mengontrol tekanan darah? Potassium merupakan mineral jika dikonsumsi dapat mengurangi efek negatif dari asupan garam dalam tubuh. Mineral ini mampu melindungi jantung juga ginjal.

Banyak buah segar yang kaya potassium dan direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang cenderung punya tekanan darah tinggi. Dilansir berbagai sumber, berikut ini 8 jenis buah segar kaya potassium yang baik dikonsumsi penderita darah tinggi.

(odi/odi)