Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19!

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 17 Feb 2021 06:00 WIB
Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19! Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

3. Gejala Polip Hidung

Polip merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh inflamasi pada hidung dan kapitis sinus. Seringkali, polip juga menjadi salah satu yang merusak kemampuan hidung untuk mencium dan berdampak pada kemampuan lidah dalam mencecap rasa makanan.

Polip bisa diatasi dengan menggunakan nasal spray atau konsumsi obat. Tetapi akan lebih baik jika keadaan seperti ini dikonsultasikan secara medis.

4. Pengaruh Pengobatan

Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19!Makanan Terasa Aneh Di Mulut? Hati-Hati, Bisa Jadi Gejala COVID-19! Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem

Beberapa pengobatan dapat memengaruhi kemampuan mencium bau yang akan berdampak pada kemampuan mengenali rasa makanan. Misalnya pengobatan tiroid, tekanan darah tinggi hingga chemotherapy.

Jika kamu memulai pengobatan, sebaiknya tanyakan efek samping apa yang akan dirasakan pada dokter yang menangani. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apa saja yang mungkin kamu alami sehingga tidak lagi merasa janggal.

5. Kekurangan Nutrisi

Menurut The Consultant Pharmacist, kekurangan sejumlah nutrisi dapat berdampak pada perubahan kemampuan mengenali rasa makanan. Kekurangan vitamin B12 yang memiliki fungsi penting pada sel-sel saraf bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Hal ini bisa dicegah dengan konsultasi rutin ke dokter untuk mengetahui dengan benar nutrisi apa saja yang harus dipenuhi. Selain untuk menghindari perubahan kemampuan penciuman dan pengecap rasa, mengetahui apa yang dibutuhkan tubuh menjadi cara agar tubuh tetap selalu sehat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com