Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 10:30 WIB
Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan Foto: Shutterstock/Eat This, Not That!

4. Meningkatkan Risiko Sakit Jantung dan Stroke

Sebuah penelitian terhadap sekitar 150.000 veteran militer yang dilakukan oleh para peneliti di Departemen Urusan Veteran AS dan Pusat Penelitian dan Informasi Epidemiologi Veteran Massachusetts menemukan bahwa makan gorengan tiga kali per minggu memiliki risiko serangan jantung dan stroke yang 7% lebih besar. Terlebih ketika partisipan penelitian mengonsumsi gorengan setiap hari, risikonya meningkat sebanyak dua kali lipat menjadi 15%.

"Temuan kami memberikan bukti untuk asosiasi yang bergantung pada dosis antara konsumsi makanan goreng dan penyakit arteri koroner," kata para peneliti.

5. Menambah Berat Badan

Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk KesehatanIni 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan Foto: Shutterstock/Eat This, Not That!

Ketika makanan digoreng dalam banyak minyak, maka makanan akan mengandung kalori berlebih. Salah satunya kaitannya dengan kentang goreng dan penumpukan kalori yang dapat menyebabkan penambahan lingkar pinggang.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makan makanan yang digoreng secara langsung dikaitkan dengan kasus obesitas. Ini adalah salah satu dari beberapa alasan mengapa kentang goreng menempati peringkat tinggi di antara 101 makanan cepat saji paling tidak sehat di planet ini.

Baca Juga: Kalau Mau Tetap Sehat, Makan French Fries Cukup 6 Potong Saja

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com