Kalau Mau Tetap Sehat, Makan French Fries Cukup 6 Potong Saja

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 26 Apr 2019 11:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jika tetap ingin sehat, ahli sebut sebaiknya Anda hanya makan 6 potong kentang goreng atau french fries saja. Apa sebabnya?

French fries jadi camilan gurih favorit. Selain enak dicocol dengan saus sanbal, french fries juga lezat dimakan dengan taburan garam. Kurang lengkap rasanya makan burger dan ayam goreng tanpa french fries. Camilan ini juga kerap dijadikan camilan wajib saat nongkrong bareng.

Nyaris tak pernah ada orang yang sengaja menyisakan french fries. Padahal menurut ahli, batas maksimal konsumsi french fries bukanlah seporsi kecil yang biasa Anda dapat di restoran cepat saji atau kafe. Melainkan hanya enam potong french fries saja!

Kalau Mau Tetap Sehat, Makan French Fries Cukup 6 Potong SajaFoto: Istimewa

Hal itu diungkap langsung oleh seorang profesor di Harvard T.H. Chan School of Public Health. Dikutip dari Foodbeast (26/4), profesor di departemen epidemiologi dan nutrisi Eric Rimm, mengatakan bahwa french fries merupakan "bom pati". Karenanya Eric menuturkan bahwa jumlah french fries terbaik yang bisa dikonsumsi tiap orang ialah sebanyak 6 potong saji.

Baca juga: Yummy! Ini 13 Cara Enak Makan French Fries di Berbagai Negara (2)

Menurut The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2018 french fries mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi. Hal itu menyebabkan peningkatan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Dikutip dari New York Times, seporsi french fries umumnya memiliki berat sebesar 85 gram. Dengan kata lain dalam seporsi berisi 15 potong kentang goreng. Karenanya porsi Anda masih menyisakan sebanyak tiga perempat french fries jika hanya melahap sebanyak 6 potong.

Kalau Mau Tetap Sehat, Makan French Fries Cukup 6 Potong SajaFoto: Istimewa

"Tidak akan ada satupun orang yang akan mengembalikan tiga perempat pesanan french friesnya. Saya pikir akan lebih baik jika makanan Anda berisi salad dan enam potong french fries," jelas Eric pada New York Times.

Hal ini tentu jadi kabar buruk bagi penggemar french fries. Salah satunya reporter City News Yeg di Kanada, Courtney Theriault. Ia berkicau, "Saya mau enam potong french fries ini" seraya mengunggah foto salah satu french fries terpanjang dunia.

Cuitan itu kemudian disukai lebih dari 5 ribu orang. Salah seorang netizen juga berkomentar, "Ya, makan 6 potong sekaligus kawan!."

Baca juga: Sebenarnya 'French Fries' Itu Asli Prancis atau Belgia? (dwa/odi)