Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 10:30 WIB
Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan Foto: Shutterstock/Eat This, Not That!

2. Picu Risiko Demensia

Kentang umumnya digoreng dalam minyak terhidrasi sehingga kentang goreng akan mengandung lemak trans yang tinggi. Asupan jenis lemak jahat ini akan berdampak meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama 10 tahun yang melibatkan 1.600 orang lanjut usia di Jepang dan diterbitkan dalam jurnal Neurology, orang-orang dengan kadar lemak trans tertinggi dalam darah lebih mungkin untuk menderita penyakit Alzheimer atau demensia.

3. Menyerang Sistem Imun

Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk KesehatanIni 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan Foto: Shutterstock/Eat This, Not That!

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care, konsumsi makanan tinggi lemak dan berminyak bisa merusak microbiome usus. Makanan tinggi lemak juga bisa meningkatkan bakteri yang tidak sehat dan mengurangi bakteri tubuh yang lebih sehat.

Ketika bakteri baik di dalam tubuh melemah, kondisi ini akan memudahkan penyakit menyerang tubuh. Imunitas tubuh juga dikaitkan dengan jumlah dan kualitas bakteri baik di dalam usus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com