Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 16 Feb 2021 10:30 WIB
Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan Foto: Shutterstock/Eat This, Not That!
Jakarta -

Kentang goreng yang renyah gurih memang nikmat, namun hindari mengonsumsinya terlalu banyak. Ini lima efek buruk konsumsi kentang goreng untuk kesehatan.

Kentang goreng hampir selalu ada sebagai menu restoran cepat saji. Kentang goreng juga sering menjadi makanan pelengkap pada beberapa hidangan terutama yang bergaya Eripa.

Menurut sebuah penelitian terhadap hampir 4.500 orang dewasa yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi kentang goreng lebih dari dua kali per minggu dapat meningkatkan risiko kematian dini. Para peneliti menekankan pada kandungan minyak dari kentang yang digoreng sebagai penyebab masalah kesehatan utama.

Kentang goreng sebagai hidangan juga mengandung nutrisi yang sangat sedikit. Kandungan lemak dan kandungan lain yang tidak menyehatkan justru lebih banyak. Pada 100 gram kentang goreng terdapat 196 kalori, 13,1 gram lemak, 141 miligram sodium, 18,5 gram karbohidrat, 1,6 gram serat, 1,25 gram gula serta 1,93 gram protein. Kandungan ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian bahkan hanya memenuhi batas harian asupan lemak dan minyak.

Karenanya mengonsumsi kentang goreng sebaiknya tidak berlebihan. Berikut ini 5 efek buruk konsumsi kentang goreng untuk kesehatan seperti dilansir dari Eat This, Not That! (11/1):

1. Sakit Perut

Ini 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk KesehatanIni 5 Efek Buruk Konsumsi Kentang Goreng untuk Kesehatan Foto: Shutterstock/Eat This, Not That!

Mengingat bahwa lemak lebih lambat dicerna oleh tubuh daripada karbohidrat dan protein, kentang goreng mengendap di perut lebih lama. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ULTRASOUND International Open, seseorang akan berisiko lebih tinggi alami sakit perut saat mengonsumsi makanan berlemak.

Efek samping lain terkait pencernaan yang disebabkan konsumsi makanan yang digoreng adalah mual, diare, kembung, dan kram. Efek tersebut juga bisa dihasilkan dari konsumsi kentang goreng yang terlalu banyak dengan intensitas yang sering.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Tak Baik Makan French Fries Terus Menerus

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com