7 Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan, Cocok Buat Camilan Sehat

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 14 Feb 2021 14:00 WIB
Closeup portrait of a cute young female biting into a piece of chocolate Foto: iStock

6. Melindungi Kesehatan Kulit

Kandungan bioaktif dalam cokelat juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Flavanol yang ada di dalamnya, mampu melindungi kulit dari kerusakan matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit serta meningkatkan kekencangan dan hidrasi kulit.

Hal ini dilihat berdasarkan dosis eremal minimal (MED) sebagai jumlah minimum sinar UVB yang dapat menyebabkan kemerahan di kulit setelah 24 jam. Dalam sebuah penelitian terhadap 30 partisipan, konsumsi coklat hitam tinggi flavonoid selama 12 minggu dapat meningkatkan MED lebih dari 2 kali lipat.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Chocolate background. Many pieces of chocolate, candies, cookies, biscuits, cakes and other sweets. Milk chocolate and dark chocolate. coconut candydark chocolate Foto: iStock

Sebuah penelitian terhadap paerisipan yang sehat menunjukkan bahwa konsumsi kakao yang tinggi flavonoid selama 5 hari dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Kakao secara signifikan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua dengan gangguan mental.

Cokelat juga dapat membantu kemampuan berbicara yang disebabkan oleh faktor dari beberapa penyakit. Kakao juga terbukti mengandung zat stimulan seperti kafein dan theobromine yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

Baca Juga: Ini 6 Alasan Sehat untuk Konsumsi Cokelat Saat Sarapan

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Lagi Flu? Perbanyak Makan Dark Chocolate"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com