Ini 6 Alasan Sehat untuk Konsumsi Cokelat Saat Sarapan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 03 Mei 2018 08:09 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Sarapan cokelat? Kenapa tidak. Sekali-sekali coba nikmati cokelat untuk bekal nutrisi untuk memulai hari. Sejumlah khasiat sehat akan Anda dapatkan dari cokelat.

Cokelat umumnya dihadirkan sebagai dessert. Karena biasanya diolah dengan krim, gula, mentega, buah dan kacang-kacangan sebagai sajian manis pencuci mulut.

Para ahli gizi menganjurkan untuk konsumsi dark chocolate, minimal dengan kandungan 70% cacao sebagai menu sarapan. Cokelat ini sedikit pekat rasanya tetapi kaya akan khasiat sehat.

Cokelat bisa dikonsumsi dalam bentuk dark chocolate bar, cokelat bubuk atau hot chocolate atau minuman cokelat lainnya. Berikut ini manfaat sehat konsumsi cokelat saat sarapan.


Ini 6 Alasan Sehat untuk Makan Cokelat Saat SarapanFoto: iStock

1. Kaya Antioksidan
Kakao kaya akan antioksidan, lebih tinggi dari blueberry, acai berry dan bayam. Antioksidan ini melindungi jantung dan kerusakan sel serta membuat Anda awet muda.

2. Kaya akan Magnesium
Magnesium sang at pending untuk tulang, pembentukan protein dan asam lemak. Kakao merupakan sumber magnesium yang baik, sangat berguna untuk mencegah tekanan darah tinggi, osteoporosis dan diabetes. Tiap 100 g dark chocolate 70-85% mengandung 2 mg.

3. Kaya akan Sulfur
Sulfur merupakan mineral yang penting untuk pertumbuhan kuku, rambut dan hati yang sehat.

4. Mengandung zat besi
Bayam selama ini jadi andalan untuk asaupan zat besi. Padahal cokelat bubuk juga kaya akan zat besi. Bisa dipakai sebagai taburan minuman. Tiap 100 g dark chocolate 70-85% mengandung 12.0 mg zat besi.

Ini 6 Alasan Sehat untuk Makan Cokelat Saat SarapanFoto: Istimewa

5. Memicu rasa senang
Bukan hanya karena enak dikulum, cokelat juga mengandung asam amino tryptophan yang memproduksi serotonin, neorotrasmitter yang memberikan rasa senang atau bahagia.

6. Merasa seperti jatuh cinta
Phenylethylamine, merupakan zat kimia dari otak yang terlepas saat jatuh cinta juga ada dalam cokelat. Karenanya banyak orang yang patah hati menghibur diri dengan makan cokelat. (odi/odi)