Awali Pagi dengan Secangkir Cokelat Hangat Kaya Manfaat

- detikFood Rabu, 20 Feb 2013 05:48 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Siapa yang tidak suka hot chocolate? Minuman manis dengan aroma cokelat yang lezat. Minuman sederhana ini juga dapat merubah suasana hati dengan seketika. Enak diminum selagi hangat untuk mengusir udara dingin di pagi hari.

Berbagai hidangan saat sarapan pasti akan memberikan energi lebih. Tak terkecuali dengan minuman yang jadi pendampingnya. Bila bosan dengan sajian susu dan jus, sekali-kali bisa mencoba untuk menyajikan cokelat panas. Rasanya yang manis dijamin akan disukai semua anggota keluarga.

Hot chocolate atau cokelat panas  terbuat dari bubuk cokelat yang ditambahkan dengan susu sapi segar. Jika suka bisa ditambahkan dengan kayu manis dan marshmallow. Bahan-bahan ini bisa dicampur menjadi satu dan dididihkan.

Selain memberikan tambahan energi, cokelat yang kaya antioksidan diketahui dapat membantu mencegah penyakit jantung dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel. Kandungan flavonoid di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah resistensi insulin untuk mencegah risiko diabetes tipe 2.

Seperti yang dilansir Healthyeating, mengonsumsi hot chocolate ada baiknya untuk tidak menambahkan gula. Karena semakin tinggi kadar kakao dalam cokelat semakin tinggi juga kandungan antioksidannya.

Jika berencana membeli cokelat bubuk untuk dibuat hot chocolate sebagai menu sarapan, sebaiknya pilih cokelat bubuk yang warnanya gelap rendah lemak dan bebas gula. Informasi ini biasanya tertulis dalam kemasan.

(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com