Kalori Telur Asin dan Telur Bebek Rebus, Ini Perbandingannya

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 15:30 WIB
nasi goreng telur asin Foto: dok.detikFood/Istimewa
Jakarta -

Kalori telur asin berbeda tidak sih dengan telur bebek rebus biasa? DetikFood kali ini membahas tentang kalori telur asin. Telur asin ini biasanya dibuat dari telur bebek yang diolah dengan cara khusus dan menghasilkan rasa asin pada telurnya.

Dalam proses pembuatannya, telur bebek yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan abu gosok atau batu bata merah dengan garam perbandingan 1:1. Lalu ditambahkan dengan air pada campuran ini hingga menjadi seperti pasta.

Baluri telur satu per satu dengan adonan tersebut. Simpan dalam wadah kuali atau ember plastik dan diamkan sekitar 15-20 hari. Setelah itu bersihkan dengan air dan rebus.

Selain cara di atas, telur bebek juga dapat dibuat telur asin dengan cara yang lebih sederhana. Caranya adalah dengan mencuci bersih telur bebek. Lalu membuat cairan yang terbuat dari air mendidih yang dicampur garam kemudian masukkan telur ke dalamnya. Diamkan telur selama 15 hingga 21 hari. Setelah itu telur bisa direbus.

Telur Asin Jadi Warisan Budaya TakbendaTelur Asin Jadi Warisan Budaya Takbenda Foto: Getty Images/iStockphoto/Riki Risnandar

Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia, satu butir telur bebek dengan berat sekitar 70 gram mengandung kalori sebesar 130 kkal, 7,6 gram protein, 8,6 gram lemak, 5,5 gram karbohidrat dan 44,8 mg kalsium.

Sedangkan untuk satu butir kalori telur asin dengan berat sebesar 70 gram mengandung 125 kkal, 9,5 gram protein, 9,3 gram lemak, 30,8 gr karbohidrat dan 84 mg kalsium.

Cara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai StoplesCara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai Stoples Foto: Twitter @tsuroiya & Instagram @tintinrayner & iStock

Telur asin bisa dinikmati dengan cara direbus. Selain itu bisa juga jadi pelengkap makan soto ataupun rawon. Selain itu telur asin yang belum direbus juga bisa dibuat menjadi bumbu saus telur asin yang bercitarasa gurih dan nikmat.



Simak Video "Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com