Cara Bikin Telur Asin di Dalam Stoples yang Antirepot!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Jul 2020 17:00 WIB
Cara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai Stoples Foto: iStock
Jakarta -

Tak perlu lagi ribet untuk membuat telur asin, kini ada cara praktis yang mudah dicoba. Cuma pakai stoples dan rendaman air garam saja lho!

Telur asin merupakan makanan khas Brebes yang banyak dijual di pinggir jalan sebagai oleh-oleh. Telur asin ini aslinya terbuat dari telur bebek, namun ada juga yang membuatnya dari telur ayam.

Sudah pasti rasanya asin, dengan kuning telurnya yang berwarna oranye sedikit berminyak dan masir ketika dimakan. Telur asin biasanya jadi pelengkap hidangan atau diolah lebih lanjut menjadi saus kuning telur asin (salted egg).

Biasanya telur asin dibuat dengan membalut telur memakai abu gosok. Ada juga yang membuatnya dengan batu bata yang telah dihaluskan. Namun cara tersebut dirasa kurang praktis dan memakan waktu yang lama.

Belakangan ini cara untuk membuat telur asin yang praktis banyak beredar di media sosial. Seperti yang dibagikan oleh Tintin Rayner, seorang penulis buku resep masakan yang cukup populer di Indonesia.

Cara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai StoplesCara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai Stoples Foto: Instagram @tintinrayner



Tintin membagikannya lewat akun Instagram miliknya @tintinrayner pada April lalu. Dalam unggahannya, Tintin mendapatkan resep membuat telur asin praktis itu dari temannya.

Baca Juga: Lebih Baik Mana, Telur Rebus Bebek Biasa atau Telur Asin?

Berikut resep untuk membuat telur asin yang praktis menggunakan toples.

Bahan-bahan yang diperlukan:

25 telur bebek
500 gram garam kasar
2 liter air

Cara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai StoplesCara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai Stoples Foto: Instagram @tintinrayner


Cara membuatnnya:
1. Cuci bersih dan gosok secara perlahan 25 butir telur, keringkan.
2. Siapkan 2 liter air, masak hingga mendidih lalu campurkan 500 gram garam kasar.
3. Taruh racikan air garam dalam stoples kaca lalu masukkan telur ke dalam. Pastikan seluruh bagian telur terendam.
4. Diamkan telur selama sekitar 15 hingga 21 hari, tergantung tingkat keasinan yang diinginkan.
5. Setelah itu, telur asin bisa direbus selama 30 menit.

Bisa disantap begitu saja sebagai camilan atau sebagai pelengkap hidangan. Jika ingin membuat varian makanan salted egg juga tinggal mengambil kuning telurnya saja.

Tak hanya memakai telur bebek, telur ayam juga bisa jadi penggantinya. Namun pastinya hasil akhirnya tak sesempurna jika menggunakan telur bebek.

Cara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai StoplesCara Bikin Telur Asin yang Praktis Pakai Stoples Foto: Twitter @tsuroiya


Netizen di Twitter dengan akun @tsuroiya juga ada yang membagikan resep membuat telur asin yang praktis ini. Ia mencampurkan beberapa telur bebek dan ayam.

Namun sebagai tambahan ia mengiris beberapa siung bawang putih dan cabai merah. Bawang putih dan cabai tersebut berfungsi menambah rasa dan aromanya. Resep yang dibagikan oleh netizen di Twitter tersebut pun viral.

Baca Juga: Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya



Simak Video "Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)