Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 16 Okt 2019 11:30 WIB
Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya/Foto: iStock Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya/Foto: iStock
Jakarta - Telur asin merupakan salah satu hidangan yang nikmat untuk dikonsumsi. Nah, ternyata cara membuat telur asin bisa dilakukan sendiri. Bagaimana?

Membuat telur asin sendiri bisa tentu bisa memastikan kualitasnya serta waktu cepatnya sendiri. Kali ini, cara membuat telur asin akan menggunakan kiat tradisional, yaitu dengan abu gosok dan batu bata.



Berikut cara membuat telur asin yang dirangkum detikFood:

Pertama, cuci bersih 10-30 butir telur bebek menggunakan sikat gigi. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan noda di permukaan, setelah itu lap dan keringkan telur.

Kemudian, gosok permukaan telur bebek dengan amplas agar pori-pori telur terbuka. Sehingga, campuran untuk mengasinkan telur bisa meresap.



Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini KiatnyaCara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya Foto: iStock

Tahapan cara membuat telur asin selanjutnya, yakni siapkan panci. Dalam panci tersebut, campurkan abu gosok atau bubuk batu bata merah dan garam dapur dengan perbandingan 1:1. Tambahkan air, lalu aduk hingga menjadi seperti pasta.

Lalu, ambil pasta yang dibuat tersebut dan balurkan pada telur bebek yang telah dibersihkan. Balurkan pasta telur asin dengan ketebalan 1-2 mm.

Cara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini KiatnyaCara Membuat Telur Asin dengan Cepat, Ini Kiatnya Foto: dok.detikFood/Istimewa


Simpan telur dalam kuali atau ember plastik selama 15-20 hari, Semakin lama waktu penyimpanan, maka semakin asin telur yang dibuat.

Tahapan cara membuat telur asin terakhir, yakni bersihkan pasta dari kulit telur. Untuk menikmatinya, telur bisa direbus maupun dikukus. Selamat mencoba!



Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)