Olahan Telur Asin Kekinian

Lebih Baik Mana, Telur Rebus Bebek Biasa atau Telur Asin?

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 24 Okt 2017 15:19 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Anda pecinta telur bebek? Makanan ini memang kaya akan nutrisi. Tapi bagaimana dengan telur bebek yang diasinkan. Sehatkah? Ini kata pakar gizi.

Hampir sama dengan telur ayam, telur bebek juga memiliki kandungan nutrisi yang sempurna. Cangkangnya yang kebiruan dan warna kuningnya yang pekat, membuat kuning telur bebek selalu jadi pilihan untuk dibuat telur asin.

Lebih Baik Mana, Telur Rebus Bebek Biasa atau Telur Asin? Foto: dok.detikFood/Istimewa


Baca juga: Kreasi Ayam Telur Asin yang Bisa Dipadukan dengan Nasi, Mie hingga Pasta

Berbeda dengan telur rebus biasa. Telur asin diolah dengan cara merendam telur atau membaluri telur dengan adonan garam selama beberapa hari. Cara ini dilakukan sudah sejak lama dan bertujuan untuk membuat telur awet lebih lama. Dalam proses pembuatannya juga telur ini ditambahkan dengan garam dapur, abu hingga batu bara.

"Kuning telur kaya akan protein, lemak, vitamin A, B, zinc dan kolin," tutur Sari Sunda Bulan, ahli gizi dan konsultan gizi kepada detikFood beberapa waktu lalu.

Jika dilihat dari segi nutrisinya, dalam 100 gram telur bebek rebus mengandung kalori sebesar 185 Kkal, 12,8 gr protein, 13,8 gr lemak, 1,5 gr karbohidrat, 56 mg kalsium dan 146 mg natrium. Sedangkan untuk 100 gr telur bebek yang sudah diasinkan mengandung 183 Kkal, 12,7 gr protein, 13,6 gr lemak, 1,4 gr karbohidrat, 120 mg kalsium dan 529 mg natrium.

Lebih Baik Mana, Telur Rebus Bebek Biasa atau Telur Asin? Foto: Istimewa


"Kalau telur bebek hanya diolah dengan cara direbus tentu tak akan menambah energi. Tapi jika sudah diolah dengan cara digoreng atau diceplok dengan 1 sdm minyak bisa menambah energi sekitar 90 Kkal. Tidak hanya kalori, lemak juga bertambah," jelas Sari.

Kini, kuning telur asin rebus sering jadi olahan makanan lain. Ada ayam goreng tepung saus telur asin, keripik kentang saus telur asin, brownies telur asin hingga sate taichan telur asin.

Sedangkan menurut Jansen Ongko, peningkatan kadar natrium pada telur bebek asin mencapai 3 kali lipat lebih banyak daripada yang terdapat pada telur bebek rebus. Selain kandungan natrium, pada telur bebek asin juga terjadi peningkatan kalsium mencapai 2 kali lipat dibandingkan dengan telur bebek rebus.

Baca juga: Memiliki Rasa Asin, Ini Saran Ahli Gizi dalam Konsumsi Telur Asin (msa/odi)