Olahan Telur Asin Kekinian

Kreasi Ayam Telur Asin yang Bisa Dipadukan dengan Nasi, Mie hingga Pasta

Maya Safira - detikFood Senin, 23 Okt 2017 19:05 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta -

Tahun ini sajian ayam bersaus telur asin termasuk dalam tren kuliner di Jakarta. Salah satu gerai jadi pelopor kehadiran olahan tersebut.

Sudah banyak penjual yang menyediakan menu salted egg chicken lengkap dengan nasi dan telur mata sapi. Salt Inc. termasuk yang sudah lama punya sajian ini. Dalam laman Instagram @salt_inc bisa dilihat klaimnya sebagai "1st Salted Egg Chicken in Indonesia".

Baca juga: Yuk, Cicip Rice Bowl Ayam dan Dory Saus Telur Asin di 5 Tempat Ini

Kreasi Ayam Telur Asin yang Bisa Dipadukan dengan Nasi, Mie hingga PastaFoto: Detikfood



Menurut Prescilla, selaku pemilik Salt Inc, bisnisnya sudah dimulai sejak tahun 2015. "Sudah buka Salt Inc dari Maret 2015. Pertama kita masih main di bazar, belum ada toko. Tahun ini baru ada toko di Taman Ratu. Buka cabang lagi di Kelapa Gading, Senayan dan ada delivery dari Puri Indah," jelasnya saat ditemui Detikfood (19/10).

Mengenai ide awalnya, Prescilla mengaku ia terinspirasi ayam telur asin di Singapura.

"Memang kita pertama kali dapat ide dari Singapura. Aku suka makan di sana. Terus aku pikir di sini belum ada. Jadi pertama kita coba-coba bazar, responnya bagus. Kita mulai buka," ungkapnya.

Kreasi Ayam Telur Asin yang Bisa Dipadukan dengan Nasi, Mie hingga PastaFoto: Detikfood



Salt Inc membuat racikan sendiri untuk kreasi telur asinnya. Beda dari lainnya, tekstur telur asin lebih creamy dengan gaya China.

"Kita lebih creamy (saus telur asin) sih. Mungkin tipenya yang nggak terlalu menusuk banget, telur asinnya berasa. Lebih Chinese style," tambah Prescilla.

Kreasi Ayam Telur Asin yang Bisa Dipadukan dengan Nasi, Mie hingga PastaFoto: Salt Inc.

Untuk pilihan menunya, Salt Inc tak hanya menyediakan ayam goreng tepung. Tapi juga dori, calamari dan udang yang diberi saus telur asin.

Sementara pendampingnya bisa berupa nasi, mie atau pasta. Ada juga French fries dengan telur asin. Bisa juga ditambah mozzarella dan cabai.

Kreasi Ayam Telur Asin yang Bisa Dipadukan dengan Nasi, Mie hingga PastaFoto: Detikfood

Baca juga: Bosan Kue Ulang Tahun Biasa? Cobain Salted Egg Cake yang Gurih Ini

Pembuatan saus maupun olahan lauk dipusatkan di Permata Buana kawasan Puri Indah. Sehingga di gerainya, ayam hingga dori berbalut tepung tinggal digoreng. Kemudian diaduk bersama saus telur asin.

Adapun kebanyakan konsumen Salt Inc melakukan pemesanan lewat layanan ojek online. Prescilla menyebut satu hari bisa habis sekitar 80-120 porsi di gerainya.

Penasaran lihat sajian di Salt Inc? Simak dulu video berikut.

(adr/adr)