5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 13 Feb 2021 05:00 WIB
5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah Foto: Getty Images/iStockphoto/jarun011

4. Perbanyak Konsumsi Serat Larut

Secara umum makanan tinggi serat seringkali direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol. Serat larut secara langsung dapat mengurangi kepadatan lipoprotein.

Untuk mendapatkan serta larut ini, bisa dilakukan dengan cara konsumsi makanan dengan serat utuh. Serat jenis ini bisa didapatkan melalui beberapa bahan makanan berupa oatmeal, kacang-kacangan, tauge, apel, pir, dan makanan lainnya.

Serat diketahui penting untuk menjaga kadar lemak dalam darah. Semakin banyak konsumsi serat, maka semakin baik kendali lemak dalam darah.

5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Ilmiah dan Mudah Foto: Getty Images/iStockphoto/jarun011

5. Rutin Olahraga

Cara yang paling mudah dan sederhana untuk mengurangi kolesterol adalah olahraga secara rutin. Pada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa aerobik selama 30 menit dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Kamu bisa meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Mulai dari durasi yang sebentar dengan latihan ringan hingga durasi yang lebih lama dengan latihan yang lebih berat.

Berdasarkan laporan pada Journal of Strength and Conditioning Research, olahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada pria usia muda bahkan hingga 90%. Cukup lakukan olahraga yang rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu selama 8 minggu.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol yang Tidak Sulit Didapat

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com