Rutin Minum Kopi Hitam Bisa Kurangi Risiko Gagal Jantung

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 06:30 WIB
3 Cara Mudah untuk Berhenti Minum Kopi Foto: iStock

"Hubungan antara kafein dan pengurangan risiko gagal jantung sangat mengejutkan. Kopi dan kafein sering dianggap buruk bagi jantung oleh populasi secara umum karena orang menghubungkannya dengan palpitasi, tekanan darah tinggi, dan lain-lain," kata Kao.

Menurut pedoman diet federal, 3 - 5 cangkir kopi dengan takaran 240 ml per hari dapat menjadi bagian dalam pola diet sehat. Tetapi perlu diperhatikan bahwa kopi yang dimaksud hanya kopi hitam polos tanpa tambahan bahan apapun.

American Heart Association juga memperingatkan bahwa minuman populer seperti latte atau macchiato memiliki kalori yang tinggi yang dihasilkan oleh penambahan gula dan lemak. Terlepas dari berbagai manfaatnya, konsumsi kopi yang berlebihan juga akan tetap menimbulkan gangguan kesehatan.

"Meskipun tidak dapat membuktikan kausalitas, sangat menarik bahwa ketiga penelitian ini menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung. Kopi dapat menjadi bagian dari pola diet sehat jika dikonsumsi polos, tanpa tambahan gula dan produk susu tinggi lemak seperti krim," kata Penny Kris-Etherton.

Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambungkopi bisa turunkan risiko gagal jantung Foto: iStock

Bisa disimpulkan bahwa konsumsi kopi hitam dalam batas yang cukup dengan diimbangi makan makanan sehat dan aktivitas fisik yang memadai akan membuat jantung lebih sehat. Menghindari konsumsi gula dan lemak yang terlalu banyak dapat menghindarkan dari penyakit kardiovaskular salah satunya gagal jantung.

Tetapi penelitian ini juga masih memiliki keterbatasan dan penelitian lanjutan. Keterbatasan penelitian ini berdampak pada hasil analisis termasuk perbedaan cara minum kopi yang dicatat dan jenis yang dikonsumsi.

Penelitian ini juga memungkinkan adanya kesalahan perkiraan dari beberapa faktor yang mungkin memengaruhi kadar kafein. Penelitian ini pun hanya berlaku pada konsumsi kafein di dalam kopi dan tidak pada jenis minuman lainnya.

Baca Juga: 5 Efek Minum Kopi Setiap Hari yang Terjadi pada Tubuh

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com