10 Makanan untuk Penderita Diabetes dengan Indeks Glikemik Rendah

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Feb 2021 15:30 WIB
makanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

8. Wortel

Baik wortel yang masih mentah maupun yang sudah masak, keduanya memiliki manfaat bagi tubuh. Wortel juga diketahui sehat untuk dikonsumsi pasien diabetes karena kemampuannya menurunkan tingkat glukosa dalam darah.

Wortel memiliki kadar indeks glikemik dan kalori yang rendah bersamaan dengan beberapa vitamin esensial. Wortel hanya mengandung GI sebesar 47.

9. Timun

makanan rendah indeks glikemikmakanan rendah indeks glikemik Foto: iStock

Timun merupakan makanan untuk penderita diabetes karena bagus untuk mengendalikan glikemik dan mengurangi komplikasi pada penyakit diabetes. Ini membuat timun sangat cocok untuk ditambahkan dalam pola makan pasien diabetes sehari-hari.

Sayuran yang satu ini juga memiliki efek antioksidan pada sel-sel pankreas. Kandungan ini dapat mencegah kerusakan tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas.

10. Beras Merah

Sebuah studi membuktikan bahwa mengganti konsumsi nasi biasa dengan nasi merah dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 16%. Hal ini dikarenakan pada nasi putih kandungan glukosanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan nasi merah.

Beras merah mengandung serat yang sangat banyak, beberapa mineral dan juga beragam vitamin. Kandungan ini diketahui dapat mengendalikan kadar glukosa dan mencegah lonjakan yang mendadak. Karenanya beras merah juga tergolong makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan.

Baca Juga: Roti Gandum dan Buah Segar yang Rendah Indeks Glikemik Membuat Tubuh Berenergi

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com