Vitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 07:00 WIB
Vitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya Foto: iStock
Jakarta -

Vitamin C banyak ditemukan pada sayuran atau buah-buahan berwarna merah, kuning, dan oranye. Berikut ini penjelasan manfaat vitamin C dan jumlah yang harus dipenuhi setiap harinya.

VItamin C merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin C juga dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Secara umum vitamin C banyak ditemui pada buah atau sayuran yang berwarna kuning, merah atau oranye. Misalnya pada jeruk, tomat, lemon dan banyak sayuran serta buah lainnya.

Para ahli gizi juga menyarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh setidaknya 75 - 90 miligram per hari. Ternyata hal tersebut didasari atas pentingnya dan banyaknya manfaat yang bisa didapat dari asupan vitamin C.

Vitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap HarinyaVitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya Foto: iStock

Berikut ini penjelasan pentingnya vitamin C yang telah dirangkum melalui Health Us News (2/2):

Vitamin C disebut juga asam askorbat. Vitamin C menjadi antioksidan ampuh yang dapat menetralisir radikal dari oksigen bebas yang beredar melalui tubuh.

Baca Juga: 10 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Secara tidak langsung berdasarkan fungsinya tersebut vitamin C dapat mengurangi risiko penyakit. Salah satunya peradangan dan kerusakan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap HarinyaVitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya Foto: iStock

Vitamin C diketahui juga membantu membentuk kolagen pada tulang dan gigi. Sehingga vitamin C memiliki banyak peran penting dalam tubuh. Termasuk fungsi untuk merespon kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi.

"Kebutuhan kita akan vitamin C meningkat dengan banyak stres yang didapatkan. Atau melalui infeksi atau luka bakar, penggunaan beberapa obat atau bahkan dengan merokok," kata Farrel Allen.

Vitamin C juga menjadi vitamin yang harus dikonsumsi pada masa pandemi Covid-19. Vitamin C menjadi 1 dari 4 nutrisi penting yang diberikan kepada pasien Covid-19 untuk menjaga sistem kekebalan tubuh setiap hari.

Jumlah kebutuhan vitamin C tentunya berbeda-beda. Pada usia bayi hingga 1 tahun membutuhkan 40 - 50 miligram, 1-3 tahun menjadi 15 miligram setiap hari, pada remaja sekitar 65 - 75 gram, dan pada orang dewasa 75 hingga 120 miligram.

Vitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap HarinyaVitamin C, Sumber Makanan dan Jumlah yang Harus Dipenuhi Setiap Harinya Foto: iStock

Vitamin C bisa dengan mudah didapatkan dengan konsumsi beberapa buah, diantaranya jeruk dan anggur, paprika merah dan hijau, kiwi, brokoli, kembang kol, strawberry dan banyak buah serta sayuran lainnya.

"Misalnya tomat pada salad hijau atau brokoli panggang dengan quinoa. Ini akan meningkatkan penyerapan zat besi saat dimakan," kata Farrell Alllen.

Tidak hanya melalui makanan dan secara alami, vitamin C bisa juga didapatkan melalui suplemen. Sebagian besar multivitamin mengandung setidaknya 100% dari tingkat yang dianjurkan per hari.

Hal yang harus diperhatikan dari konsumsi vitamin C adalah vitamin C tidak tahan terhadap panas. Maka, jika kamu ingin vitamin C yang optimal dari makananmu jangan masak bahan makanan tersebut hingga terlalu matang.

Baca Juga: Ini Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Melawan Covid-19



Simak Video "Masak Masak: Resep Martabak Burger dari Kulit Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com