5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 10:00 WIB
5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

2. Meningkatkan Tekanan Darah

Makanan yang diklaim "rendah kalori" pada kemasannya ternyata belum tentu sepenuhnya aman untuk dikonsumsi. Tentunya ada beberapa bahan yang digunakan, baik alami maupun buatan, yang digunakan untuk membuat makanan menjadi tetap lezat dan awet.

Salah satunya penggunaan garam dalam makanan kemasan. Faktanya, garam menjadi bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat makanan kemasan. Hal ini yang berkontribusi pada masalah serius terhadap kesehatan.

"Makanan yang siap dihangatkan dengan microwave mengandung banyak sodium dan bahan pengawet lainnya. Makanan dengan tinggi sodium akan mengakselerasi masalah tekanan darah yang memicu penyakit jantung," kata Kroll.

Baca Juga: Amankah Memanaskan Wadah Plastik dalam Microwave? Ini Penjelasannya

3. Menyebabkan Retensi Air

5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

Konsumsi banyak garam bukan hanya menyebabkan masalah pada kardiovaskular, melainkan juga menyebabkan retensi air.

Retensi air merupakan kondisi dimana tubuh kelebihan cairan yang seharusnya bisa dikeluarkan oleh tubuh. Menurut penelitian pada tahun 2017, peningkatan konsumsi garam sebesar 6 gram cukup untuk menyebabkan retensi air. Pada kebanyakan kasus, retensi air ini bahkan disebabkan oleh konsumsi makanan beku yang sering diolah menggunakan microwave.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com