5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Feb 2021 10:00 WIB
5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages
Jakarta -

Menghangatkan makanan di microwave kini banyak dilakukan orang karena praktis, tapi hati-hati ada 5 bahaya yang ditimbulkan dilihat dari sisi ilmiah. Salah satunya tingkatkan risiko kanker!

Bagi orang-orang yang memiliki aktivitas padat dari pagi hingga sore mungkin ingin semuanya lebih ringkas, termasuk dalam urusan makan. Memasak bahkan terkadang seperti hal yang tidak mungkin dilakukan.

Membeli makanan yang sudah matang atau menyimpan beberapa stok makanan beku akhirnya jadi pilihan. Kedua cara ini dinilai praktis karena bisa menghemat waktu memasak.

Untuk menghangatkan makanan, banyak orang mengandalkan microwave. Tinggal masukkan makanan ke dalamnya, atur suhu dan waktu yang diinginkan, makanan hangatpun siap disantap.

Tapi ternyata secara ilmiah, kebiasaan mengonsumsi makanan yang dihangatkan dengan microwave menyebabkan banyak risiko kesehatan. Berikut ini 5 bahaya makanan yang dipanaskan dengan microwave, menurut Eat This, Not That! (2/2):

1. Meningkatkan Risiko Kanker

5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah5 Bahaya Makanan yang Dipanaskan dengan Microwave Secara Ilmiah Foto: Getty Images/iStockphoto/monkeybusinessimages

Daftar bahan yang digunakan pada produk makanan mungkin tidak menginformasikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya secara rinci. Para ahli juga mengaitkan konsumsi makanan seperti ini dengan risiko berbagai jenis kanker yang dihasilkan oleh kandungan bisphenol A atau BPA.

"Menggunakan radiasi elektromagnetik microwave menyebabkan makanan dan wadah yang dimasak menjadi super-panas," kata pakar kesehatan, Spencer Kroll.

Hal serupa juga pernah ditinjau pada penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam Medicine (Baltimore). BPA diketahui memiliki kaitan dengan perkembangan dan penyebaran sel kanker payudara dan prostat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com