8 Manfaat Vitamin D untuk Tubuh dan Sumber Makanannya

Tim detikcom - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 08:00 WIB
Healthy foods containing vitamin D. Top view Foto: Getty Images/iStockphoto/yulka3ice/8 Manfaat Vitamin D untuk Tubuh dan Sumber Makanannya

5. Vitamin D dapat membantu mengobati hipertensi

Menurut ulasan tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Current Protein & Peptide Science menunjukkan bahwa vitamin D dapat berperan dalam pengobatan tekanan darah tinggi - salah satu penanda penyakit kardiovaskular.

6. Vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan

Obesitas diketahui merupakan faktor risiko untuk kadar vitamin D yang rendah - yang berarti lebih banyak vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan.

Satu studi tahun 2009 di British Journal of Nutrition menemukan bahwa, pada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas dengan kadar kalsium rendah, mereka yang mengonsumsi kalsium harian yang dipasangkan dengan vitamin D lebih berhasil menurunkan berat badan daripada mereka yang mengonsumsi suplemen plasebo, karena efek penekan nafsu makan.

7. Manfaat Vitamin D dapat membantu melawan depresi

Matahari dapat mencerahkan suasana hati Anda, begitu pula vitamin D.

Menurut artikel ulasan tahun 2017 di jurnal Neuropsychology, para peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara depresi dan kekurangan vitamin D.

8. Manfaat Vitamin D dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu

Berbagai penelitian yang sebagian besar dirujuk di situs web National Cancer Institute (NCI) - yang memberikan beberapa bukti bahwa vitamin D mungkin memiliki kekuatan melawan kanker.

Kanker yang paling banyak datanya tersedia bagi manusia adalah kanker kolorektal, payudara, prostat, dan pankreas.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda kekurangan atau kekurangan asupan vitamin D, ada beberapa cara utama untuk meningkatkan dosis harian.

Caranya hanya dengan mendapatkan sekitar 20 menit sinar matahari beberapa kali seminggu.

"Penyebab utama kekurangan vitamin D adalah paparan sinar matahari yang tidak memadai.

Tapi ingat Anda masih perlu memakai tabir surya setiap kali akan mendapatkan vitamin D.

Selain dari matahari, Anda juga bisa mendapatkan vitamin D ekstra melalui beberapa makanan (walaupun sangat sedikit), seperti ikan berlemak (termasuk salmon, tuna, mackerel, dan sarden) dan jamur (beberapa di antaranya terpapar sinar ultraviolet (UV). Hal ini untuk meningkatkan kadar vitamin D).

Susu, jus jeruk, yoghurt, dan sereal sarapan juga dapat diperkaya dengan vitamin D.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com