10 Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Feb 2021 16:00 WIB
Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya
Jakarta -

Makanan yang enak belum tentu menyehatkan. Beberapa makanan ternyata mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. Ini daftarnya.

Makanan menjadi penting fungsinya sebagai sumber asupan nutrisi bagi tubuh. Karena itu penting selalu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bukan sekedar enak saja.

Makanan memang mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang akan bermanfaat bagi tubuh. Tetapi sebagian besar makanan juga mengandung bahan berbahaya yang jika tertelan atau dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus.

Bahkan bahan berbahaya ini banyak ditemui dalam makanan yang sering ada dalam asupan sehari-hari. Sebisa mungkin hindari konsumsi berlebihan beberapa bahan ini untuk meminimalisir bahan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut ini 10 makanan yang mengandung zat berbahaya, dilansir dari MSN Lifestyle (28/1):

1. Biji Pala

Makanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat BerbahayaMakanan Enak Ini Ternyata Bisa Mengandung Zat Berbahaya Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya

Rempah yang satu ini menjadi sangat familiar di Indonesia. Dalam banyak jenis masakan, rempah ini sering kali digunakan sebagai bumbu sup hingga kue.

Ternyata penggunaan biji pala dalam jumlah banyak dapat menyebabkan keracunan akibat kandungan myristicin yang ada di dalamnya. Gejala yang muncul akan berupa sakit kepala, mual, pusing bahkan halusinasi.

2. Salmon Penangkaran

Banyak pro dan kontra yang terkait dengan salmon yang ditangkap dari penangkaran tentang manfaat kesehatannya. Secara umum, semua ikan pasti memiliki minyak ikan yang mengandung lemak omega 3 yang menyehatkan.

Tetapi, salmon yang dibesarkan di penangkaran terbukti mengandung racun yang serupa dengan yang ditemui pada makanan cepat saji menurut Organic Consumers Association. Salmon jenis ini sebenarnya mengandung minyak ikan yang lebih banyak dibandingkan salmon liar. Sayangnya pada salmon ini juga ditemukan kandungan yang membahayakan jantung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Obat Rindu Jajanan Khas Semarang di BSD Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com