Mau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua Ini

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 07 Feb 2021 09:30 WIB
Mau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/master1305
Jakarta -

Konsumsi makanan berkaitan erat dengan kesehatan. Kalau mau awet muda, hindari 7 makanan yang bikin cepat tua berikut ini.

Makanan menjadi penentu nutrisi apa yang akan masuk dan diterima oleh tubuh. Makanan yang tepat juga akan memberikan dampak kesehatan yang tepat bagi tubuh.

Sayangnya beberapa makanan justru memiliki kandungan yang bakal merusak kesehatan. Makanan seperti ini harus benar-benar diperhatikan dan dikurangi asupannya.

Beberapa makanan bahkan dikatakan dapat menyebabkan penuaan lebih cepat. Tentunya hal ini harus dihindari dan diwaspadai.

Berikut ini 7 makananan yang bikin cepat tua menurut WebMD (17/7):

1. Makanan Pedas

Mau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua IniMau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/master1305

Makanan pedas ternyata cukup berbahaya bagi keremajaan kulit. Makanan pedas dapat membuat pembuluh darah melebar atau bahkan rusak.

Pembuluh darah yang rusak di dalam kulit akan menimbulkan luka atau bekas yang timbul pada permukaan kulit. Makanan pedas juga bisa memicu bakteri lebih mudah menempel saat berkeringat akibat kepedasan dan menimbulkan jerawat.

2. Margarin

Sebagian besar margarin mengandung lemak trans yang dapat memberikan efek buruk untuk tubuh. Makanan yang bikin cepat tua ini juga bisa meningkatkan kadar kolesterol buruk dan menurunkan kolesterol baik dalam tubuh.

Margarin ternyata bisa meningkatkan inflamasi yang erat kaitannya dengan penyakit jantung dan stroke. Kedua kondisi tersebut dapat berpengaruh dengan percepatan penuaan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Bikin Kamu Awet Muda

3. Soda dan Minuman Berenergi

Mau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua IniMau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/master1305

Semakin banyak konsumsi soda dan minuman berenergi, maka semakin cepat juga penuaan pada sel-sel tubuh. Soda memiliki lebih banyak kalori dan gula dibandingkan dengan minuman lainnya.

Saat meminum soda, soda bisa memicu munculnya bakteri di dalam mulut. Hal ini akan membentuk asam yang bisa menyebabkan kerusakan hingga pembusukan pada gigi. Lainnya, soda berpotensi meningkatkan berat badan, risiko stroke hingga demensia.

4. Makanan Beku

Makanan yang bikin cepat tua selanjutnya adalah makanan beku. Produk ini bisa mengandung setengah dari kebutuhan garam harian yang direkomendasikan. Saat mengonsumsi banyak garam, kamu akan lebih banyak minum dan membuat ginjal bekerja lebih keras.

Setiap air yang masuk ke dalam tubuh akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Asupan air berlebih ini yang kemudian akan membuat wajah menjadi terlihat bengkak. Makanan beku yang dimaksud adalah produk makanan siap santap yang banyak tersedia di supermarket.

5. Daging Olahan

Mau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua IniMau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/master1305

Bacon, sosis, ham dan daging olahan lainnya mengandung garam yang tidak mudah hilang. Ini yang membuat daging olahan menjadi lezat dan berbahaya.

Garam dan kandungan kimia lainnya dapat menyebabkan inflamasi dan berpengaruh buruk pada tubuh. Inflamasi yang terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke dan diabetes.

6. Gorengan

Minyak mengandung cukup banyak lemak trans yang berbahaya bagi tubuh. Lemak trans ini akan masuk dan diam di dalam makanan melalui proses penggorengan.

Hal ini akan meningkatkan radikal bebas dan molekul tidak stabil yang merusak molekul lainnya dalam sel-sel tubuh. Bahkan beberapa makanan seperti kentang goreng, mozarella stick dan makanan yang digoreng lainnya diketahui mengandung radikal bebas yang berbahaya.

7. Makanan yang Dipanggang

Mau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua IniMau Awet Muda? Hindari 7 Makanan yang Bikin Cepat Tua Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/master1305

Tidak digoreng bukan berarti sepenuhnya sehat. Makanan yang dipanggang seperti kue kering atau kue lainnya memiliki kandungan yang dapat menyebabkan arteri membesar.

Kue yang dipanggang juga mengandung gula yang dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi serta pembusukan gigi. Semakin tinggi inflamasi terjadi di dalam tubuh maka semakin tinggi juga risiko depresi, alzheimer dan beberapa kanker. Hindari konsumsi makanan yang bikin cepat tua ini demi mendapat kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Ini 9 Makanan Terpercaya Sebagai Anti Penuaan Dini Terbaik

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com