7 Makanan Nutrisi Tinggi yang Bagus Dikonsumsi Menurut Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 06 Feb 2021 10:00 WIB
7 Makanan Nutrisi Tinggi yang Bagus Dikonsumsi Menurut Ahli Gizi Foto: Getty Images/iStockphoto/Angelina Zinovieva
Jakarta -

Makanan bernutrisi perlu dikonsumsi setiap hari. Menurut ahli gizi, ada makanan nutrisi tinggi yang sebaiknya ditambahkan dalam menu makan harian.

Makanan tertentu memiliki profil nutrisi yang kaya dengan kandungan bermacam-macam vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi tinggi ini yang membuat sebuah bahan makanan dikatakan penting untuk dikonsumsi secara rutin.

WHO bahkan mengklasifikasikan makanan dan memberi peringkat berdasarkan komposisi nutrisi yang ada di dalam bahan makanan tersebut. Sebuah makanan dikatakan sebagai makanan yang padat nutrisi jika mengandung vitamin, mineral, karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Contoh makanan sehat yang banyak ditemukan sehari-hari misalnya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, makanan laut, produk susu dan banyak lagi lainnya. Tetapi para ahli gizi telah memberikan peringkat pada beberapa makanan yang mengandung gizi yang cukup padat.

Dilansir dari Boldsky (31/1) berikut ini 7 makanan nutrisi tinggi alias yang paling padat gizi menurut ahli gizi:

1. Salmon dan Sarden

7 Makanan Nutrisi Tinggi yang Bagus Dikonsumsi Menurut Ahli Gizi7 Makanan Nutrisi Tinggi yang Bagus Dikonsumsi Menurut Ahli Gizi Foto: Getty Images/iStockphoto/Angelina Zinovieva

Ikan, bahkan secara umum, tergolong makanan yang sangat padat nutrisi. Tetapi layaknya sayuran, tidak semua jenis ikan mengandung kepadatan nutrisi yang sama.

Salmon dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3, magnesium, potasium, selenium dan vitamin B yang sangat kaya. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah demensia dan alzheimer, serta mencegah depresi.

2. Bawang Putih

Bawang putih menjadi bumbu paling penting pada hampir seluruh masakan. Bawang putih mengandung vitamin C, beberapa vitamin B, kalsium, potasium, tembaga, mangan dan selenium. Bahkan bawang putih juga terbukti mengandung beberapa kandungan sulfur.

Bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik seperti mengurangi kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Bahkan bawang putih juga bisa mencegah kanker usus besar dan perut.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat Bergizi yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com