Kalori Pisang Rebus dan Manfaatnya untuk Diet Rendah Kalori

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 11:00 WIB
Ilustrasi Pisang Foto: iStock
Jakarta -

Kalori pisang rebus memang dikategorikan lebih rendah dibandingkan dengan pisang yang digoreng tepung.

Buah pisang mengandung karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh yang berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang juga mengandung zat lainnya seperti serat, vitamin dan mineral.

Buah pisang juga mengandung pektin sehingga membuat kenyang lebih lama. Inilah yang menjadi alasan pisang sering dijadikan sebagai penurunan berat badan.

Pisang mengandung pektin dan pati resisten yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Serat dalam pisang mampu meningkatkan sensasi rasa kenyang dan mencegah seseorang makan berlebih, serta memperlambat proses pencernaan.

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang berfungsi memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga menghasilkan sel darah merah yang sehat. Pisang juga mengandung mangan yang membantu dalam proses pencernaan dan mencegah penyakit tulang.

Pisang rebus bisa jadi alternatif mengolah pisang yang sehat. Seperti dilansir Healthline, dalam satu buah pisang rebus dengan ukuran 118 gram mengandung kalori sebesar 105 Kkal. Karbohidrat dalam satu buah pisang mencapai 27 gram.

Untuk sarapan, pisang rebus makin enak dinikmati bersama dengan teh dan kopi hangat.

Dilansir dalam MSN, "Pisang terkenal dengan kadar potasiumnya, tetapi banyak vitamin dan mineral lain juga ada. Pisang mengandung sumber B6 dan serat signifikan, yang berperan penting untuk kesehatan tubuh seperti mengurangi kolesterol dan menyeimbangkan mood," ujar ahli gizi Lisa Richards.

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau sedang mengurangi konsumsi lemak dapat mengganti sarapan nasi uduk dengan seporsi pisang rebus.





Simak Video "Pisang Peppe, Jajanan Makassar Terinspirasi dari Pisang Epe"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com