Kopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan Nutrisinya

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 05 Feb 2021 05:00 WIB
Kopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan Nutrisinya Foto: iStock
Jakarta -

Selain kopi, matcha atau teh hijau juga banyak digemari dan sedang naik pamornya. Lalu mana yang lebih menyehatkan, kopi dan matcha?

Kopi menjadi minuman yang banyak digemari orang berbagai kalangan. Konsumsi kopi bahkan sudah seperti gaya hidup yang tidak bisa dilewatkan bagi sebagian orang.

Tidak kalah dari kopi, akhir-akhirnya konsumsi matcha juga meningkat. Matcha merupakan salah satu hidangan minuman asal Jepang yang banyak digemari di seluruh dunia. Umum disajikan sebagai matcha latte di kafe-kafe.

Keduanya sedang menjadi raja dan ratu pada hidangan minuman. Keduanya tentu memiliki nutrisi yang sama bagusnya. Tetapi, mana yang lebih baik antara kopi dan matcha?

Keduanya memiliki perbedaan dari segi nutrisi, manfaat serta pro dan kontra konsumsinya. Berikut ini perbedaannya menurut Healthline (15/12):

Perbandingan Nutrisi

Kopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan NutrisinyaKopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan Nutrisinya Foto: iStock

Kopi dan matcha keduanya mengandung batas kalori minimal saat disajikan tanpa susu, gula, krim atau sirup perasa lainnya. Hal ini membuat keduanya aman jika dikonsumsi secara rutin tanpa bahan tambahan berkalori.

Baca Juga: Minuman Sehat Teh Hijau, Kopi Hijau, dan Matcha, Mana Paling Bagus?

Dalam secangkir kopi berukuran 60 mililiter memiliki kandungan sebanyak 2 kalori. Secangkir kopi murni tanpa tambahan perasa tidak mengandung karbohidrat, gula dan serat. Kopi dalam jumlah ini juga mengandung 0,3 gram protein serta 0,5 gram lemak.

Sedangkan, dalam secangkir matcha berukuran 240 mililiter memiliki kandungan sebanyak 5 kalori. Matcha dalam jumlah ini mengandung 1 gram karbohidrat serta 1 gram protein.

Keduanya memiliki rasa yang sama-sama pahit. Matcha bisa didiskripsikan dengan rasa seperti rumput dan tanah. Sedangkan kopi lebih merujuk ke kacang-kacangan, mirip cokelat dengan aroma yang khas.

Manfaat Matcha dan Kopi

Kopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan NutrisinyaKopi dan Matcha, Mana Lebih Sehat? Ini Perbandingan Nutrisinya Foto: iStock

Matcha dan kopi mengandung manfaat yang hampir sama. Keduanya dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan energi expenditure dan oksidasi lemak.

Keduanya juga memiliki manfaat yang diberikan oleh kandungan nutrisinya yang dapat melawan kanker. Matcha dan kopi memiliki kandungan antioksidan yang bahkan juga dapat mencegah efek berbahaya dari oksidasi stres yang dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Kandungan polifenol yang dimiliki kopi dan matcha juga dikatakan dapat menjaga kesehatan jantung. Polifenol dapat merelaksasi pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Konsumsi secangkir kopi atau matcha juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih. Seperti meningkatkan mood dan fungsi otak serta kesehatan liver.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com