Diet Golongan Darah AB, Ini Pilihan dan Pantangan Makanannya

Tim detikcom - detikFood Rabu, 03 Feb 2021 06:00 WIB
Makanan Golongan Darah Foto: Istimewa/Diet Golongan Darah AB, Ini Pilihan dan Pantangan Makanannya
Jakarta -

Asupan makanan pada orang bergolongan darah misalnya AB harus diperhatikan jika sedang diet. Hal ini akan membantu membantu menyimpan lebih sedikit lemak di tubuh.

Dilansir Livestrong, menurut dokter naturopati dan pendiri Institute for Human Individuality Peter J. D'Adamo, golongan darah AB positif atau negatif, tidak masalah dalam rekomendasi diet. Tipe AB muncul dari tipe A dan B, memiliki beberapa karakteristik dari keduanya.

Makanan pilihan untuk yang sedang diet golongan darah AB yakni tahu, makanan laut, sayuran hijau, dan buah. Makanan tersebut membantu efisiensi metabolisme.

Produk susu dan rumput laut meningkatkan produksi insulin. Nanas juga membantu pencernaan dan merangsang motilitas usus.

Makanan laut yang paling bermanfaat untuk tipe AB termasuk antara lain tuna, kerapu, mackerel, mahimahi, sarden.

Gunakan minyak zaitun sebagai sumber lemak. Produk susu yang paling bermanfaat adalah yoghurt, kefir, krim asam tanpa lemak, telur, keju mozarella, keju kambing, keju ricotta, dan susu.

Nikmati kacang-kacangan, karena mereka adalah stimulan sistem kekebalan yang penting dan makanan pelawan kanker untuk yang sedang diet golongan darah AB.

Karena AB cenderung memiliki masalah kandung empedu, selai kacang lebih disukai daripada kacang utuh, dan kacang tanah serta kenari adalah kacang yang paling bermanfaat.

Buncis, lentil, dan kedelai adalah yang paling bermanfaat. Lentil mengandung antioksidan penangkal kanker, dan semua kacang-kacangan memperlambat produksi insulin di AB.

Pantangan Makanan

Orang yang diet golongan darah AB harus pantangan makanan yang mendorong penambahan berat badan seperti daging merah. Kemudian asupan yang sulit dicerna dan disimpan sebagai lemak diantaranya kacang merah dan jagung.

Selain itu, menurut Dr. D'Adamo diet golongan darah AB jangan mengonsumsi makanan penghambat efisiensi insulin dan gandum, penurun metabolisme, dan menyebabkan penggunaan kalori yang tidak efisien.

Hindari ayam, karena lektin yang sama yang mengiritasi darah dan saluran pencernaan golongan darah tipe B memiliki efek yang sama pada golongan darah AB.

Hindari semua daging yang diawetkan karena dapat menyebabkan kanker lambung pada orang dengan asam lambung rendah. Selain itu hindari kafein, dan alkohol.

Untuk buah, pilih yang lebih basa, seperti plum, beri, dan anggur. Nanas membantu menurunkan berat badan dengan membantu pencernaan.

Jeruk mengiritasi perut dan harus dihindari. Lektin pisang mengganggu pencernaan dan diganti dengan aprikot, buah ara dan beberapa melon.

Berolahraga untuk orang yang diet golongan darah AB dengan tujuan mengurangi stres, yang berperan dalam penurunan berat badan dan kesehatan untuk tipe AB menurut American Nutrition Association. Tai chi dan yoga direkomendasikan untuk relaksasi pada AB sensitif.

Dr. D'Adamo merekomendasikan menyelingi aktivitas menenangkan dengan aktivitas aerobik. Misalnya, lari dan bersepeda secara bergantian dengan yoga dan tai chi.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com