Diet Golongan Darah B, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dipantang

Tim detikcom - detikFood Senin, 01 Feb 2021 06:00 WIB
Cute young woman doctor holding vial with blood sample Foto: Getty Images/choja/Diet Golongan Darah B, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dipantang
Jakarta -

Saat lagi diet, orang dengan golongan darah B harus makan makanan yang berbeda dari orang dengan golongan darah lain, seperti A atau O.

Hal itu dikatakan dokter naturopati dan pendiri Institute for Human Individuality Peter J. D'Adamo, dilansir webmd.

Teori tersebut didasarkan kesimpulan bahwa protein dalam makanan Anda, yang disebut lektin, bereaksi dengan darah Anda. Lektin tertentu lebih cocok dengan beberapa golongan darah daripada yang lain.

Selain itu, makan makanan yang disesuaikan dengan golongan darah akan membantu Anda menyimpan lebih sedikit lemak di tubuh.

Selain itu dapat melawan dan menghindari penyakit. Anda pun merasa lebih baik dan lebih sehat.

Menurut D'Adamo, orang dengan golongan darah B secara tradisional adalah pengembara, mereka harus makan makanan yang lebih bervariasi dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Diet golongan darah versi D'Adamo tidak membedakan golongan darah positif atau negatif, seperti dilansir livestrong.

D'Adamo menyarankan diet yang menyeimbangkan pilihan hewani dan nabati. Mereka yang bergolongan darah B harus makan daging yang bermanfaat seperti domba, kambing, kelinci, daging kambing, dan daging rusa.

Golongan darah B positif dan B negatif harus menyeimbangkan pemilihan daging mereka dengan sayuran hijau, telur dan produk susu rendah lemak.

Orang yang diet golongan darah B dianjurkan makan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan produk susu rendah lemak.

Hindari jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen.

D'Adamo juga mencatat bahwa orang yang diet golongan darah B sebaiknya menghindari ayam, karena ayam mengandung agglutinating lectin yang dapat menyerang aliran darah seseorang bergolongan darah B. Hal ini berpotensi menyebabkan gangguan kekebalan atau stroke.



Simak Video "Kupas Tuntas Plant Based Diet yang Kini Jadi Tren"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com