Diet Golongan Darah A, 8 Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Rosmha Widiyani - detikFood Jumat, 20 Nov 2020 12:30 WIB
Ilustrasi makan sayur Foto: iStock/Diet Golongan Darah A, 8 Makanan yang Wajib Dikonsumsi
Jakarta -

Pengaturan makan atau diet berdasarkan golongan darah selalu menjadi salah satu topik kesehatan populer sepanjang waktu. Disebutkan diet golongan darah A berbeda dengan tipe B, O, dan AB untuk bisa hidup lebih sehat serta punya berat badan ideal.

"Diet golongan darah disebutkan Peter D'Adamo,seorang dokter naturopati dalam bukunya pada 1996. Dia menjelaskan cara hidup lebih sehat, berumur panjang, dan meraih berat badan ideal dengan makan berdasarkan tipe golongan darahnya," ujar dokter Robert H Shmerling, MD yang juga pengajar di Harvard Medical School.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, ada sembilan makanan yang sebaiknya dikonsumsi pelaku diet golongan darah A. Selain itu ada dua jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah berbagai penyakit.

A. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat diet golongan darah A

1. Buah

2. Sayur

3. Seafood atau hidangan laut

4. Kalkun

5. Gandum utuh

6. Nanas

7. Minyak zaitun

8. Kedelai.

B. Makanan yang sebaiknya dihindari saat diet golongan darah A

1. Daging

2. Produk turunan susu

3. Wheat

4. Jagung

5. Kacang merah.

Selain makanan, diet golongan darah juga menentukan olahraga yang sebaiknya dilakukan. Bagi yang melakukan diet golongan darah A disarankan memilih olahraga dengan intensitas rendah dan menyertakan meditasi.

Pilihan olahraga untuk diet tipe golongan darah A berbeda dengan O. Tipe golongan darah O sebaiknya melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, misal aerobik. Mereka juga disarankan mengkonsumsi suplemen untuk perutnya yang sensitif.

Menurut Shmerling, sebetulnya hingga kini belum ada riset yang berkualitas terkait diet golongan darah. Termasuk diet golongan darah A dengan makanan yang sebaiknya dikonsumsi, dihindari, dan pilihan olahraga yang dilakukan.

Diet golongan darah mungkin saja memberi manfaat pada beberapa orang, tapi tidak dengan yang lain. Karena itu sangat disarankan melakukan diet dengan pendampingan instruktur olahraga dan dokter gizi, apalagi bila mengalami kondisi tertentu.



Simak Video "Masak Masak: Hilangkan Dahaga dengan Es Stik Buah"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)