Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 14 Nov 2020 08:00 WIB
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike
Jakarta -

Diet berdasarkan golongan darah jadi salah satu pola diet populer. Sesuai namanya, diet ini mengklasifikasikan jenis makanan yang sesuai untuk tiap golongan darah.

Diet berdasarkan golongan darah bukan pola diet baru, namun jenis diet ini masih digemari banyak orang. Mereka meyakini konsumsi makanan yang tepat berdasarkan golongan darah, bisa membuat sistem pencernaan lebih sehat.

Diet berdasarkan golongan darah terbagi dalam jenis tipe O, A, B, dan AB. Diet ini diciptakan seorang dokter naturopati bernama Dr Peter D'Adamo.

Banyak pelaku diet berdasarkan golongan darah mengalami penurunan berat badan usai mencoba diet ini, namun seperti halnya metode diet lain, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum tertarik mencobanya.

Berikut serba-serbi diet berdasarkan golongan darah yang detikFood (13/11) rangkum dari berbagai sumber:

1. Fakta di balik terciptanya diet golongan darah

Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa DikonsumsiDiet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike

Dikutip dari Web MD, pencipta diet berdasarkan golongan darah yaitu Peter D'Adamo meyakini makanan yang dikonsumsi seseorang bereaksi secara kimiawi dengan golongan darah.

Jika seseorang mengikuti pola makan yang didasarkan pada golongan darah, tubuh akan mencerna makanan lebih efisien. Manfaatnya beragam seperti berat badan seseorang bisa turun, merasa lebih berenergi, dan mencegah penyakit.

Peter D'Adamo menciptakan diet ini pada tahun 1996. Ia menuangkan serba-serbi diet ini dalam buku berjudul 'Eat Right For Your Type'. Dasar teorinya adalah masing-masing golongan darah memiliki sejarah nenek moyang berbeda sehingga kemampuan untuk mencerna makanannya juga berbeda.

2. Diet golongan darah tipe O
Pemilik golongan darah tipe O disarankan mengonsumsi makanan tinggi protein. Misalnya daging tanpa lemak, daging unggas, dan ikan.

Asupan lainnya adalah beberapa sayuran, bijian yang sifatnya ringan dicerna, kacang-kacangan, dan produk susu. D'Adamo juga merekomendasikan konsumsi beberapa suplemen untuk mengatasi masalah pencernaan yang kerap dialami pemilik golongan darah O.

Baca Juga: Pola Makan dan Menu Sarapan Sehat untuk Pemilik Golongan Darah O

Selanjutnya
Halaman
1 2 3