9 Makanan Untuk Orang Sakit yang Baik untuk Dikonsumsi

Tim detikcom - detikFood Senin, 01 Feb 2021 14:00 WIB
Ilustrasi wanita sakit Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999/9 Makanan Untuk Orang Sakit yang Baik untuk Dikonsumsi

5. Oatmeal

Oatmeal bersifat hambar dan mudah dikonsumsi sekaligus menyediakan kalori, vitamin, dan mineral yang Anda butuhkan saat sakit.

Ini juga mengandung beberapa protein - sekitar 5 gram dalam 1/2 cangkir.

Oatmeal memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya, termasuk menstimulasi sistem kekebalan dan meningkatkan kontrol gula darah.

Namun, hindari membeli oatmeal dengan rasa artifisial dengan banyak tambahan gula. Sebaliknya, tambahkan sedikit madu atau buah untuk memberikan manfaat lebih.

6. Alpukat

Alpukat adalah buah yang tidak biasa karena rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak.

Secara khusus, buah ini tinggi lemak tak jenuh tunggal yang sehat, jenis lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun.

Alpukat juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang baik.

Alpukat adalah makanan yang enak saat sakit karena menyediakan kalori, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Mereka juga lembut dan mudah dimakan.

Karena alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam oleat, mereka membantu mengurangi peradangan sekaligus berperan untuk kekebalan tubuh.

7. Jahe

Jahe paling terkenal karena efek antimualnya.

Ini juga telah terbukti secara efektif meredakan mual yang berhubungan dengan kehamilan dan pengobatan kanker.

Terlebih lagi, jahe bekerja mirip dengan obat antiinflamasi non steroid. Ini juga menunjukkan efek antioksidan, antimikroba dan anti-kanker.

Jadi jika Anda merasa mual atau muntah, jahe adalah makanan terbaik yang tersedia untuk meredakan gejala tersebut.

Meskipun Anda tidak mual, banyak manfaat jahe lainnya yang menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk dimakan saat sakit.

Gunakan jahe segar dalam masakan, seduh teh jahe untuk mendapatkan manfaat ini. Pastikan apa pun yang Anda gunakan mengandung ekstrak jahe atau jahe asli, bukan hanya rasa jahe.

8. Madu

Madu memiliki efek antibakteri yang sangat kuat sehingga digunakan dalam pembalut luka oleh orang Mesir kuno, dan masih digunakan untuk tujuan ini hingga hari ini.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Karena itu madu menjadi makanan yang sangat baik untuk dimakan saat sakit. Terutama jika Anda mengalami sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa madu dapat mengatasi batuk pada anak-anak. Namun, perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak di bawah 12 bulan.


9. Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan untuk orang sakit. Salmon adalah salah satu sumber protein terbaik untuk dimakan saat sakit.

Lembut, mudah dimakan, dan penuh dengan protein berkualitas tinggi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Salmon sangat kaya asam lemak omega-3, yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat.

Salmon juga merupakan sumber yang baik untuk banyak vitamin dan mineral, termasuk vitamin D, yang banyak kekurangan vitamin D.

Vitamin D berperan untuk kekebalan tubuh. Karena itu para pengidap COVID-19 disarankan untuk makan salmon.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(nwy/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com