Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli

ADVERTISEMENT

Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 30 Jan 2021 06:00 WIB
Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli
Foto: Getty Images/iStockphoto/gerenme

Jeda Makan yang Terlalu Lama Menyebabkan Metabolisme Melambat

Banyak orang yang melewatkan makan siang karena sibuk beraktivitas. Ternyata melewatkan jam makan seperti ini dipercaya dapat memperlambat metabolisme tubuh dan mengurangi jumlah kalori harian yang dibakar.

Penelitian ini juga dilihat melalui praktik intermittent fasting yang membuat kondisi tubuh tidak menerima asupan selama beberapa jam. Pada tren pola makan ini, kamu hanya bisa makan selama 3-5 jam dalam sehari dan sisanya harus berpuasa.

Ternyata hasil observasi pola makan seperti ini justru terbukti adanya perlambatan metabolisme pada tubuh. Selain itu, saat tubuh tidak menerima asupan makanan dan melakukan metabolisme maka pembakaran kalori juga berhenti.

Manfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata AhliManfaat Makan Porsi Sedikit Tapi Lebih Sering, Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/iStockphoto/gerenme

Makan Secara Rutin Dapat Mengendalikan Nafsu Makan

Saat tubuh tidak menerima asupan makan dan merasa kelaparan, maka kadar gula dalam darah akan turun secara signifikan. Menjalankan pola makan yang sehat secara sering dan konsisten akan menjadi lebih baik daripada hanya makan 1-3 kali dalam sehari.

Setidaknya selipkan waktu untuk camilan pada sore hari sebelum makan malam untuk mengendalikan nafsu makan. Membiarkan tubuh kelaparan dalam jangka waktu yang lama akan membuat tubuh kehilangan kendali untuk nafsu makan.

Pada penelitian yang dilakukan pada 2013 tentang obesitas, ditemukan bahwa orang yang makan 6 kali sehari secara signifikan lebih sedikit merasa kelaparan dan lebih cepat kenyang. Temuan lainnya justru menunjukkan bahwa 3 kali makan dalam sehari tidak memberikan pengaruh pada penurunan gula darah.

Baca Juga: Ingin Ngemil? Makan Sedikit atau Banyak, Sama Efeknya


(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT